Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 19 November 2015

Di Mata Pengusaha Tanri Abeng, BP Batam Harus Dikelola Secara Enterprenuership

Kamis, 19 November 2015 (Sumber: Tribun Batam)

Di Mata Pengusaha Tanri Abeng, BP Batam Harus Dikelola Secara Enterprenuership
tribunnews.com
Tanri Abeng 
 
BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Biro Sumber Daya Manusia (SDM) BP Batam menyelenggarakan seminar kepemimpinan bertajuk Peranan Leadership Dalam Peningkatan Kinerja Organisasi.

Acara tersebut bertempat di Gedung Marketing Promotion Centre BP Batam, pada Kamis (19/11/2015).

Hadir dalam seminar tersebut Deputi Bidang Administrasi dan Umum, Drs. A. Gani Lasa, MM, Deputi Bidang Pengusahaan Saran Lainnya, Ir. H. M. Nur Syafriadi, M. Si, Deputi Bidang Pelayanan Umum, Ir. Fitrah Kamaruddin dan seluruh tamu undangan pejabat eselon I,II,III BP Batam.

Gani Lasa mengatakan pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki keberanian dalam mengambil keputusan, bertanggung jawab atas tindakannya, mampu mengahasilkan generasi pemimpin lainnya, dan kreatif menjalankan visinya.

Ia mengatakan seorang Tanri Abeng adalah seorang pemimpin handal Indonesia, putra derah yang mampu mengatur setiap organisasi yang dipimpinnya.

"Di tengah kesibukan beliau hadir di tengah kita. Pada masanya ia dijuluki manajer satu miliar, manajer termahal," ujar Gani Lasa disambut dengan gelak tawa tamu undangan.

Narasumber dalam seminar tersebut ditunjuklah seorang trainer sekaligus inspirator, Tanri Abeng.

Seorang pengusaha Indonesia sekaligus Menteri Negara Pendayagunaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) pada periode 1998-1999 Kabinet Pembangunan VII dan Kabinet Reformasi Pembangunan.

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) itu dalam seminarnya menjelaskan bagaimana organisasi yang baik.

Menurut Tanri, organisasi yang baik dasarnya adalah kepemimpinan. Pemimpin harus pandai menempatkan diri dimana pun, baik atas bawah maupun menyeluruh.

"mengapa kita bicara pemimpin karena seorang pmimpin harus memiliki visi mau dibawa kemana suatu organisasi untuk mencapai tujuan,"kata Tanri Abeng.

Badan Pengusahaan (BP) Batam dibentuk agar aset yg dimiliki dapat menjadi nilai tambah.
Ia meyakinkan terminologi dari kata pengusahaan harus dikelola dengan pola entrepreneurship dimana terdapat rasa kreatif, inovasi dan tindakan.

Dalam menjalankan organisasi harus memiliki fungsi manajemen yakni planning, organizing, leading, dan controling.

Ia berpendapat esensi dari manajemen adalah pandai menciptakan komunikasi dengan aspek koordinasi, kerjasama, dan komitmen sehingga menciptakan rasa kepercayaan di setiap individu.
Ia mencontohkan Soeharto adalah salah satu contoh inspirasi tokoh pemimpin Indonesia.

K \etika Presiden Soekarno digantikan oleh Soeharto, hal pertama dilakukan adalah penguatan ekonomi kerakyatan dengan segala keadaan inflasinya, restruktur direksi PT Garuda sebagai BUMN dengan kerugian triliyunan rupiah pada waktu itu dan kemudian mampu melihat posisi Batam dan menunjuk seseorang yang strategis untuk pengembangan pulau Batam

"Bila Batam tidak dikelola dengan baik maka segala fasilitas yang ada tidak dapat diberdayakan secara maksimal, seorang pemimpin selain memiliki kemampuan berkomunikasi dituntut mampu memiliki manajemen organisasi," tutur Tanri Abeng.

Tanri berharap BP Batam dengan segala fasilitas dan kemampuan SDM penting memiliki fokus tujuan dalam membangun Batam baik itu pelabuhan alih kapal, bandara dan ataupun pariwisata.
Ia berpesan agar BP Batam mampu menerapkan strategi atau konsep pembangunan Batam.

Menutup seminarnya, Bapak kelahiran Selayar ini mengatakan formula pemimpin yang baik adalah sebaik orang orang yang dipilihnya.

Acara ditutup dengan pemberian cinderamata oleh Gani Lasya.(*/ane)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar