Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 03 Juni 2015

Terapkan e-Audit, BPK RI Kunker ke BP Batam

Rabu, 3 Juni 2015 (Sumber: Batam Today)

 
Rombongan BPK RI bersama Kepala BP Batam Mustofa Widjaja.


BATAM, BP Batam - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melakukan kunjungan kerja ke Badan Pengusahaan (BP) Batam pada Senin (1/6/2015). Kunjungan tersebut terkait fungsi proses audit secara elektronik (e-audit) yang bisa disinkronkan dengan data center instansi di seluruh Indonesia.


Kepala Pusat Pengolahan Data dan Sistem Informasi BP Batam, Yuda Gunadi, memaparkan tentang IT Center Batam yang memiliki fasilitas TIK (teknologi informasi dan komunikasi) dengan teknologi tinggi yang dikembangkan oleh BP Batam sebagai bagian dari proyek e-government sejak Desember 2007.

"Batam ditengarai sebagai pusat TIK di Indonesia dengan masa depan berorientasi internasional sebagai kota bisnis yang menyediakan layanan TIK yang optimal di IT Center yang memiliki infrastruktur jaringan informasi dan komunikasi broadband dengan standar tinggi," terang Yuda.

Sedangkan Rachmadi Saptogiri, Auditor Utama Keuangan Negara III BPK RI, mengatakan, maksud dan tujuan kedatangan mereka ke BP Batam terkait fungsi dari e-audit di mana pada tahun 2010 BPK RI menginiasi e-audit yang berfungsi untuk menghubungkan data center instansi di seluruh Indonesia, khususnya Kementerian RI dengan pusat data BPK RI yang dapat tautan secara langsung yaitu dengan penajaman implementasi "BPK Sinergi".

"Akan dilakukan melalui strategi link and match yang secara otomatis data keuangan dapat dihubungkan real time on time," ungkap Rachmadi.

Ditambahkan, e-audit merupakan salah satu langkah BPK RI dalam membangun pengawasan yang sinergi secara nasional, yaitu pengawasan melalui pusat data BPK yang menggabungkan data elektronik BPK (e-BPK) dengan data elektronik audit atau pihak yang diperiksa oleh BPK, seperti kementerian negara, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, dan lain-lain termasuk BP Batam.

"Dengan begitu, nantinya BPK akan dapat melakukan perekaman, pengolahan, pertukaran, pemanfaatan dan monitoring data yang bersumber dari berbagai pihak, dalam rangka melakukan pemeriksaan atas pengelolaan keuangan negara," kata Rachmadi.

Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja, menyambut baik kerja sama yang dapat terjalin ke depan sebagai wujud sinergitas nasional antara BPK RI dengan BP Batam yang merupakan BLU perpanjangan tangan dari pemerintah pusat.

"BP Batam sangat menyambut baik kerja sama yang akan terjalin untuk mewujudkan sinergi BPK RI dengan BP Batam," ujar Mustofa. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar