Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 17 Juni 2015

Peta Investasi Batam Bisa Diakses Telepon Pintar

Rabu, 17 Juni 2015 (Sumber: Antara Kepri)

Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan (BP) Batam mengembangkan aplikasi yang menyediakan peta tata ruang dan investasi kawasan pelabuhan bebas dan perdagangan bebas berbasis sistem informasi geospasial guna memudahkan investor mencari informasi peluang usaha.


"Aplikasi ini dirancang untuk investor yang perlu peta tentang Batam terkait informasi lahan, tata ruang sampai sekolah buat anaknya. Penekanannya tidak seperti Google Map, tapi fungsi data dan peta. Tahun ini akan diluncurkan. Nantinya selain bisa diakses menggunakan komputer, aplikasi ini bisa juga diakses smartphone (telepon pintar)," kata Kasubbag Pengembangan Wilayah Biro Perencanaan Program dan Litbang BP Batam Irfan T Widyasa di Batam, Selasa.

Pada tahap awal penyediaan layanan aplikasi itu hanya sebatas peta, namun pada tahap kedua layanan akan disempurnakan dengan sistem informasi geospasial yang menampilkan tata guna lahan untuk investasi di Batam.

"Aplikasi itu rencananya akan diluncurkan tahun ini untuk semua platform perangkat ponsel. Layanan itu akan tersedia melalui Blackberry App World, App Store IOS, Google Play dan Windows Phone Store," kata dia.

Layanan tersebut, kata dia, melengkapi kemudahan informasi kebutuhan lahan, proyek infrastruktur, hingga fasilitas umum bagi investor.

"Informasi itu selama ini sudah ada tetapi belum menjadi peta berbasis web dan belum terintegrasi. Dengan layanan ini, maka semua informasi akan terintegrasi," kata Irfan.

BP Batam, kata dia, saat ini sudah mengumpulkan sekitar 100 basis data mulai dari peta dasar, rencana proyek, pengembangan jalan, jaringan listrik sampai ketersediaan air bersih. Data sekunder itu berasal dari informasi yang diterbitkan BP Batam.

"Kami juga terbuka jika ada pihak yang ingin menyumbangkan data dalam pengembangan aplikasi tersebut. Selain data dari lembaga internal, sumber data juga dikumpulkan dari Bappeda, Disperindag, BPS dan beberapa dinas Pemkot Batam," kata dia.

Dalam pengembangan aplikasi tersebut, kata dia, BP Batam menggandeng PT Media Wisata Indonesia yang pernah membuat Jakarta General Map dan Map of Indonesia yang dipakai dalam Konferensi Asia Afrika di Bandung.

BP Batam meyakini dengan terobosan aplikasi tersebut sekaligus bisa menjadi langkah promosi sebagai upaya meningkatkan investasi. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar