Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 11 Juni 2015

Pelindo Serius Berminat Operasikan Pelabuhan Batuampar

Kamis, 11 Juni 2015 (Sumber: Antara Kepri)

Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan Batam menyatakan PT Pelindo I serius berminat mengoperasikan Pelabuhan Bongkar Muat Batuampar dengan gencar melakukan komunikasi agar terwujud.

"Kami memang mencari mitra untuk mengoperasikan Batuampar. Pelindo I adalah salah satu yang berminat dan intensif menjalin komunikasi," kata Direktur Promosi dan Humas BP Batam Purnomo Andiantono di Batam, Rabu.



Namun, kata dia, BP Batam belum bisa menjelaskan arah kesepakatan dengan Pelindo I, mengingat pembahasan kedua pihak belum masuk dalam tahap nota kesepahaman (MoU).

"Skemanya masih digodok lagi apakah hanya menanamkan investasi atau sekaligus operator," kata dia.

Menurutnya, pengembangan dan pengoperasian Batuampar membutuhkan investasi dan pengelola yang berpengalaman untuk menggenjot kinerja Batuampar yang selama ini hanya melayani 200ribu TEUs peti kemas.

Sebenarnya, kata dia, BP Batam berkeinginan menjadikan Batuampar berkapasitas 4 juta TEUs dengan estimasi nilai investasi mencapai Rp5 triliun berdasarkan perhitungan pada 2010.

"Namun untuk sementara akan dikembangkan sedikit demi sedikit sambil menunggu investor yang siap mengembangkan pelabuhan tersebut," kata Purnomo.

Sebelum Pelindo I menyampaikan minatnya untuk mengoperasikan Batuampar, sejumlah perusahaan besar lain diantaranya CMA-CGM dari Perancis dan Merchants Holding asal Tiongkok juga menyampaikan ketertarikannya.

Untuk CMA-CGM bahkan pada lima tahun lalu sudah lolos beauty contest Batuampar, namun akhirnya mundur karena masalah keuangan.

"Kami membutuhkan operator pelabuhan yang memiliki jaringan shipping kuat agar bisa menggenjot lalu lintas barang terutama sektor perdagangan di Batam sehingga mampu mendongkrak sektor lain seperti galangan kapal," kata Purnomo.

Sebelumnya, Ketua Indonesia National Shipowners Association (INSA) Batam Zulkifli Ali menyampaikan BP Batam semestinya sudah mampu mengelola Batuampar secara mandiri karena sudah bertahun-tahun menjalankan pelabuhan tersebut.

Ia meyakini bahwa BP Batam juga lebih paham mengenai tata kelola pelabuhan bila dilihat dari pengalamannya selama ini.

Dia mengusulkan agar BP Batam tidak perlu melelang pengelolaan dermaga utara Batuampar termasuk memberikan pengelolaan kepada Pelindo. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar