Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 29 Desember 2011

Penyelidikan Diawasi Mabes Polri

Kasus Limbah B3 di Dam Tembesi
JODOH-  Penyelidikan terhadap kasus pencemaran lingkungan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di Dam Tembesi, tetap berada dalam pengawasan Mabes Polri. Karena itu, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Batam diharapkan bisa menuntaskan kasus yang diduga melibatkan oknum anggota DPRD Kota Batam Mhd Jeffry Simanjuntak ini. Penegasan tersebut disampaikan Kasubdit 2 Tipiter Mabes Polri, Kombes Pol. Ahmad khaidar pada acara sosialisasi penegakan hukum UU No.32 tahun 2009 di Hotel Planet, Jodoh, Kamis (16/12).
"Untuk kasus penimbunan limbah B3 jenis slog oil kami kembalikan dan saat ini sedang ditangani oleh pihak Bapedalda. Tapi Penyidik Polri tetap memback-upnya," kata Khaidir.

Dikatakan,   penimbunan limbah B3 di lokasi yang tidak jauh dari pembangunan Dam Tembesi, akan sangat membahayakan manusia saat mengkonsumsinya. Jika lokasi yang tercemar limbah tersebut tidak segera dibersihkan, maka kualitas air akan menjadi tidak bagus, dan berbahaya.

Tak hanya di Dam Tembesi, kata Khaidir, di Batam banyak limbah B3 dengan sengaja dibuang kemana-mana, baik dengan cara menimbun ke hutan, penimbunan untuk jalan, dan bahkan dibuang ke laut.

"Kebanyakan orang tidak tahu, kalau limbah itu sengaja ditimbun untuk pembangunan jalan. Kami juga mendapatkan laporan dari LSM Lira maupun pemberitaan di media masa tentang penimbunan limbah B3 di Dam Tembesi. Ini membuat kualitas air tidak bagus, bila limbah itu tidak diangkat," jelas Khaidar.

Ironisnya lagi, lanjut dia, di Batam ada sebanyak 79 perusahaan shipyard. Tapi hanya ada sekitar 15 perusahaan shipyard yang memiliki TPS limbah B3. Untuk itu, ke depan agar perusahan penghasil limbah B3 dapat memiliki TPS guna menjaga terjadinya kerusakan lingkungan.

"Kondisi itu diketahui, setelah Mabes Polri melakukan penyelidikan di Batam, terutama ke perusahaan-perusahaan shipyard. Kebanyakan,  tidak melakukan pengelolaan limbah B3," ujarnya. (tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar