Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 02 Desember 2011

Kekuatan Jembatan Sampai Seabad

Tribun Batam - Kamis, 1 Desember 2011 
 
jembatan-berkarat.jpg
Tribun Batam/ Zabur
Kondisi Jembatan Satu Fisabilillah, barelang



TRIBUNNEWSBATAM, BATAM - Pasca ambruknya jembatan Tenggarong Kalimantan timur beberapa waktu lalu, cukup membuat tanda tanya besar bagi warga Batam terhadap Jembatan Barelang.

Menanggapi hal tersebut dan kondisi mulai berkaratnya jembatan satu Fisabilillah, Barelang, Batam, Kepri, langsung ditanggapi oleh pihak Badan Pengusahaan (BP) Batam selaku pembangunnya.

Melalui Istono, Direktur Teknis dan Pembangunan BP Batam menjelaskan, bahwa jika dilihat dari aspek desainnya, Jembatan 1 Fisabilillah, Barelang di bangun dengan kekuatan usia 50-100 tahun dengan kondisi berbeda-beda tergantung tipe masing-masing jembatannya.

"Untuk jembatan Barelang ini sangat aman. Walaupun dipengaruhi beberapa faktor," terang  Istono diruang marketing gedung BP Batam. Kamis (1/12/2011).

Dicontohkannya, Jembatan I Barelang yang menghubungkan pulau Batam dengan Pulau Tonton ini merupakan jembatan bentang panjang dengan total panjang 652 meter itu, dalam pembangunannya sarat dengan teknologi advance dibidang jembatan baik dari luar maupun dari dalam.

Dimana, kekuatan jembatan tersebut terletak di kebel yang disangga dua pilar dari beton dan baja.

"Kelebihan beton dan baja, jika mendapat tekanan malah semakin kuat kompresinya. Jadi, benar-benar kuat dan aman,"papar Istiono.

Editor : imans_7811

Tidak ada komentar:

Posting Komentar