Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 07 April 2017

Tegah Narkoba, Hang Nadim Berlakukan Pengawasan Bersama Narkoba

Jum'at, 7 April 2017 (Sumber: Batam Pos)

 
 Petugas keamanan menghitung ekstasi tangkapan di bandara Hang Nadim Batam.
foto: humas Hang Nadim


batampos.co.id – Periode Januari hingga Maret, beberapa kali sekuriti bandara (AVSEC) Internasional Hang Nadim menggagalkan penyelundupan narkoba. Tentu juga ada yang beberapa narkoba yang luput dari pengawasan, seperti tangkapan BNNP Kepri pada tahun lalu. Bandar narkoba sempat membawa sabu dari Batam ke Palembang melalui Hang Nadim.

Untuk menegah hal ini, pihak Bandara Internasional Hang Nadim akan berlakukan penawasan bersama untuk mencegah lolosnya narkoba.

“Pengawasan bersama ini dilakukan oleh berbagai instansi yakni BNN, kepolisian, Beacukai, petugas bandara, ground handling, serta pihak airline,” kata General Operasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, Kamis (6/4).

Para stake holder tersebut kata Suwarso, akan saling berkoordinasi satu sama lainnya. Sebab dengan kuatnya koordinasi, pencegahan narkoba diselundupkan bisa diminimlisir. “Saling memberi informasi juga,” tuturnya. 

Ke depannya pihak bandara akan melakukan pemeriksaan lebih ketat. “Pintu masuk dan keluar, dijaga bersama dengan para stakeholder tersebut,” ungkap Suwarso. 

Direktur Humas dan Promosi BP Batam menambahkan, bahwa ke depan Bea Cukai akan menempatkan unit K-9, anjing pelacak. Pemberlakukan ini untuk memudahkan petugas di bandara, mengidentifikasi barang-barang oknum penumpang yang ingin menyelundupkan narkoba. “Selain pemeriksaan manual, X-ray, ada anjing pelacak juga,” ujarnya.

Kewaspadaan bahaya narkoba ini adalah tanggung jawab semua pihak. Karena Indonesia merupakan salah satu target market bagi bisnis narkoba.Dan Batam menjadi pintu masuk narkoba. Dimana narkoba tersebut dipasok dari beberapa negara tetangg seperti Malaysia dan Singapura.

“Berbagai pola penyelundupan. Membutuhkan komitmen penuh dari para stake holder di Hang Nadim, supaya menjadi benteng pertahanan yang kokoh melawan upaya penyelundupan narkoba,” katanya. (ska)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar