Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 31 Maret 2017

Harga Sewa Rusun BP Batam Naik 50 Persen

Jum'at, 31 Maret 2017 (Sumber: Batam Pos)

batampos.co.id – Tarif Rumah Susun Sederhana (Rusunawa) Mukakuning yang dikelola oleh Otorita Batam/Badan Pengusahaan (BP) Batam naik lebih 50 persen. Kenaikan tarif sewa yang sudah berlangsung selama empat bulan itu, dianggap sejumlah penghuni rusun terlalu mahal.

“Naiknya dari bulan Desember kalau tak salah. Harga sewanya memang sudah naik,” ujar Zain, salah satu penghuni Rusunawa Otorita Batam (OB) Mukakuning, Rabu (29/3/2017).

Dia mengatakan, sebelumnya harga sewa rusun khusus penghuni lantai satu hanya sekitar Rp 460 ribu per bulan. Namun sejak empat bulan terakhir ini, harga sewanya naik menjadi Rp 690 ribu. Harga sewa ini belum termasuk air dan listrik. “Jatuhnya sekitar Rp 1 juta lebih juga per bulan jika dihitung dengan biaya listrik dan air,” sebutnya.

Adapun fasilitas kamar yang disediakan pihak pengelola rusun, seperti ranjang susun, kasur, bantal, lemari,  gorden, meteran air, meteran listrik dan ember platik. Zain mengaku,  awalnya banyak penghuni rusun yang tidak setuju dengan kenaikan tersebut. Namun, lambat laun, penghuni pun menerima keputusan tersebut.

“Awalnya merasa terbebani, tapi karena sudah peraturannya mau gimana lagi,” ungkapnya.
Kendati demikian. ia mengaku enggan pindah, karena lokasi tempat tinggalnya dekat dengan tempat ia bekerja. “Sudah hampir setahun saya tinggal di sini (Rusunawa OB Mukakuning, red),” sebut pria yang bekerja sebagai petugas keamanan ini.

Sementara itu, pengelola Rusunawa OB Mukakuning saat dikonfirmasi mengaku memang sudah ada kenaikan. Namun ia enggan berkomentar mengenai alasan kenaikan tersebut. “Langsung ke pusat saja, saya tidak tahu,” ujar salah satu pengelola rusun.

Hal senada juga disampaikan salah Yuliana, petugas Bida Rusun Sekupang. Dia mengaku kenaikan tarif sewa rusun sudah berlangsung sejak Desember 2016 lalu.

“Memang ada kenaikan hampir 50 persen. Misalnya kamar yang ada di lantai satu, semula tarifnya Rp 85 ribu naik menjadi Rp 127 ribu per orang. Itu belum termasuk uang listrik dan air,”  ujarnya. (cr19/cr17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar