Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 09 Juli 2018

BP Batam Targetkan PNBP di 2018 Rp1,2 Triliun

Sabtu, 30 Juni 2018 (Sumber: Batamtoday.com)

lukita-baru13.jpg
Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo. (Foto: Dok Batamtoday.com)


BATAMTODAY.COM, Batam - BP Batam menargetkan Penerimaan Negara Bukan Panjak (PNBP) tahun 2018 sebesar Rp 1,2 triliun. Angka tersebut meningkat dari capaian tahun 2017 sebesar Rp960 miliar dalam artian menaikkan target sebesar 20 persen.
"Terget PNBP Rp1,2 triliun pada tahun 2018, tahun lalu sekitar 960 Miliar jadi ada kenaikan sekitar 19 sampai 20 persen," ujar Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, Sabtu (30/6/2018).
Meskipun target PNBP BP Batam tahun 2018 dinaikkan menjadi Rp1,2 triliun, Lukita menekankan hal tersebut tidak akan memberatkan masyarakat sebab seluruh tarif dari sektor PNBP tidak akan dinaikkan atau masih memberlakukan tarif lama. Hanya saja potensi dari sektor pendapatan akan dimaksimalkan.
"Itu tanpa menaikkan tarif, kalau bicara kenaikan tentu akan lebih mudah tapi kita tidak membicarakan itu, melainkan bicara bagaimana menggali potensi yang seharusnya ada," ujarnya.
Dalam menggali potensi PNBP BP Batam, Lukita terus melakukan pembenahan pelayanan terhadap kantor perizinan baik lahan maupun lainnya serta unit yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti Bandara, Pelabuhan dan Rumah Sakit BP Batam dengan harapan pelayanan maksimal bisa sejalan meningkatnya pendapatan.
"Serta kita efisienkan biaya, supaya bisa surplus. Inilah nanti kita kompetisikan kepada seluruh unit, siapa terbaik akan diberikan reward," tuturnya.
Untuk PNBP sendiri diperoleh dari 11 unit di BP Batam, mulai dari Direktorat Pengelolaan Lahan, Pusat Data dan Sistem Informasi, Direktorat Lalu Lintas Barang, Biro Keuangan, Direktorat Pembangunan Sarpras, Direktorat Pemanfaatan Aset. Kemudian Kantor Bandar Udara, Kantor Pelabuhan Laut, Rumah Sakit BP Batam, Kantor Pengelolaan Air dan Limbah, dan Kantor Perwakilan Jakarta.
Lukita menyampaikan beriringan dengan peningkatan PNBP BP Batam, dirinya juga ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi Batam sebesar 7 persen selama dua tahun kepemimpinannya, torehan tersebut sudah terlihat dengan meningkatnya perekonomian Batam dari 2 persen menjadi 4 persen selama dirinya menjabat sebagai Kepala BP Batam.
Editor: Yudha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar