Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 13 Juli 2018

BP Batam Raih Penghargaan Investmen Award 2018, Masuk 10 Besar Nasional

Kamis, 12 Juli 2018 (Sumber: Tribunbatam.com)

BP Batam Raih Penghargaan Investmen Award 2018, Masuk 10 Besar Nasional
Ilustrasi Deputi V Bidang Pelayanan Umum BP Batam Bambang Purwanto (kanan) saat mengecek konter pelayanan publik di lantai dasar Gedung Sumatera Expo 


TRIBUNBATAM.ID, BATAM - Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam meraih penghargaan Investment Award 2018 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI. Penyerahan penghargaan diterima Direktur PTSP BP Batam, Ady Soegiharto disaksikan Kepala BKPM, Thomas Trikasih Lembong, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartato dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Kamis (12/7/2018) di Kantor BKPM, Jakarta.

Deputi V BP Batam, Bambang Purwanto mengatakan, dari 565 PTSP dari seluruh Indonesia, PTSP BP Batam masuk nominasi 10 besar untuk 98 kota, 12 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan lima kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas.

"Tak disebutkan di urutan ke berapa. Tapi masuk nominasi 10 besar," kata Bambang di Media Center BP Batam.

Adanya penghargaan ini tak membuat pihaknya berbesar diri. Malah menjadi tantangan besar buat PTSP BP Batam untuk semakin meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

"Justru ini jadi tantangan untuk lebih memperbaiki diri dalam pelayanan ke masyarakat, baik investasi asing, dalam negeri, sampai ke pelayanan masyarakat tingkat terbawah," ujarnya.

Untuk proses mendapatkan penghargaan itu sendiri, lanjutnya sudah melalui beberapa tahapan. Seperti penilaian assessment, survei kualifikasi pelayanan, dan lainnya.

"Salah satu yang mendorong itu karena kami dapat ISO 90012015 tahun 2018 ini. Dua bulan ke depan ini akan dievaluasi lagi. Intinya kami tak henti-hentinya memperbaiki diri," kata Bambang.

Sementara itu, Direktur PTSP BP Batam, Ady Soegiharto mengucap syukur atas prestasi tersebut. "Alhamdulillah ini merupakan prestasi yang patut kita syukuri bersama," kata Ady, usai menerima penghargaan PTSP itu.

Sementara Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong dalam arahannya mengapresiasi dan mendorong daerah dalam memberikan standar pelayanan yang lebih baik kepada investor di Indonesia.

"BKPM mengucapkan selamat bekerja kepada ke-40 PTSP Daerah Terbaik, dan semoga penghargaan ini bisa mendorong peningkatan pelayanan perizinan penanaman modal dan percepatan pelaksanaan kemudahan berusaha di daerah,

serta memotivasi PTSP lainnya di seluruh Indonesia untuk memperbaiki layanan perizinan dan non perizinan daerah yang semuanya akan bermuara pada satu tujuan untuk peningkatan ekonomi daerah, daya saing, dan membuka lowongan pekerjaan," ujarnya.

Thomas mengatakan, dalam melakukan penilaian dan pemeringkatan, BKPM bekerjasama dengan beberapa Kementerian/Lembaga Non Kementerian lainnya, diantaranya Kemenko Perekonomian,

Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN-RB, Setwapres, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, Kementerian PPN/Bappenas, BPKP dan KPPOD serta PT Surveyor Indonesia.


"Pemeringkatan ini dilakukan untuk memotret kondisi faktual PTSP daerah, mengukur penyelenggaraan perizinan dan nonperizinan penanaman modal daerah untuk meningkatkan mutu pelayanan publik, melihat kesiapan PTSP daerah menyongsong pelayanan perizinan terintegrasi secara elektronik (OSS) dan mengetahui kondisi Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Daerah," kata Thomas. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar