Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 14 Juli 2015

Dari Hang Nadim Batam, Sehari, 10.291 Orang Mudik

Selasa, 14 Juli 2015 (Sumber: Batam Pos)

foto: cecep mulyana / batampos 

batampos.co.id – Arus mudik Lebaran tahun ini memecahkan rekor baru di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Pasalnya, dalam sehari pada Minggu (13/7) lalu atau pada H-5 Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah ini, tercatat 10.291 orang yang mudik melalui Hang Nadim. Diperkirakan jumlah tersebut masih bisa terlampaui, karena puncak mudik diperkirakan pada H-3.

Menurut data otoritas Bandara Hang Nadim Batam, pada Lebaran tahun-tahun sebelumnya, angka tertinggi jumlah pemudik melalui Hang Nadim hanya berkisar 9 ribu orang.

Kabag Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, mengungkapkan bahwa pada H-6 ada 9.586 orang pemudik, sedangkan H-5 sebanyak 10.291 pemudik. ”Kemarin (Minggu, 12/7) merupakan rekor baru dalam sejarah Hang Nadim.

Kita perkirakan hari ini (kemarin) masih akan terus naik,” jelas Suwarso saat dihubungi kemarin.
Dia mengaku pihak bandara tidak menyangka arus mudik kali ini bisa menembus angka 10 ribuan penumpang.

Sebab, sebelumnya hanya diperkirakan angka tertinggi arus mudik dikisaran 9.300 orang.
Suwarso menuturkan, dibandingkan tahun lalu, arus pemudik melalui Hang Nadim sebagai pintu keluar meningkat tahun ini. Bila dihitung dalam persentase kenaikannya sekitar 16 persen. Dimana pada H-7 naik 12 persen, H-6 naik 15 persen, dan H-5 naik 16 persen.

Kendati penumpang terus membludak, Suwarso mengaku pihaknya sudah mengantsipasi jauh hari. Bahkan, otoritas bandara sudah malakukan pengaturan di ruang tunggu, sehingga tidak ada penumpang yang saling desak-desakan.

Pintu-pintu ruang tunggu sudah didesain pihak bandara sedemikian rupa, sehingga penumpang bisa merasa nyaman, lega, dan tenang saat berada di ruang tunggu.

Gate tujuh, delapan, dan sembilan kami peruntukan bagi maskapai Lion. Sementara gate empat dan lima untuk Citilink,” jelasnya.

Suwarso memperikirakan, Senin kemarin penumpang yang berangkat melalui Hang Nadim kembali akan menyentuh angka 10 ribu. Sebab, hingga siang saja, dari data manifes yang sudah dikumpulkan oleh pihak bandara sudah sekitar 4 ribu orang pemudik yang naik pesawat.

Pantauan Batam Pos di lapangan, Bandara Hang Nadim terlihat disesaki ribuan pemudik. Penumpang tumpah ruah hingga ke jalanan yang berada di depan terminal. Jalan yang biasanya menjadi tempat taksi menurunkan penumpang berubah manjadi tempat duduk bagi para penumpang. Pihak bandara pun menyediakan kursi bagi penumpang yang tidak tertampung di dalam terminal. (cr3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar