Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 24 Juli 2015

BUBU Hang Nadim jadi Percontohan

Jum'at, 24 Juli 2015 (Sumber: Antara Kepri)

Batam (Antara Kepri) - Pengelolaan Bandara Internasional Hang Nadim dengan bentuk Badan Usaha Bandar Udara (Bubu) pada Agustrus 2015 dibawah Badan Pengusahaan Batam akan menjadi percontohan di Indonesia.


"Hang Nadim akan menjadi bandara percontohan dalam pembentukan BUBU sesuai dengan PP No.65 Tahun 2014," kata Plh Kepala Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam.

Saat ini Bandara Internasional Hang Nadim Batam masih dikelola kerjasama antara BP Batam dengan Kementerian Perhubungan.

BP Batam sebagai pengelola tunggal nantinya akan memiliki hak sepenuhnya atas bandara mulai dari pembentukan struktur hingga penentuan tarif yang diberlakukan di Hang Nadim.

"Saat ini penerapan tarif seperti sewa tidak boleh melebihi dari yang ditentukan oleh Kemenhub sesuai dengan Keputusan Menteri No.6 Tahun 2009 tentang PNBP. Itu cukup membatasi Hang Nadim untuk meraup pendapatan," kata dia.

Ia mencontohkan dalam hal sewa ruangan di Hang Nadim yang tarifnya tergolong masih sangat rendah dengan pembatasan menggunakan peraturan tersebut.

"Di Cengkareng sewa ruangannya saja per meter sudah di atas Rp100.000, sementara di Hang Nadim masih Rp40.000 per meter. Jaraknya sangat jauh padahal fasilitas Hang Nadim tidak kalah dengan Cengkareng," kata Suwarso.

Suwarso mengatakan, hal tersebut  yang menjadi salah satu alasan Hang Nadim mengajukan pengelolaan bandara di bawah BP Batam setelah terbentuknya BUBU.

"Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pendapatan di Hang Nadim karena dengan adanya BUBU, Hang Nadim diberikan keleluasaan untuk menaikkan tarif dan mencari income sebesar-besarnya," kata dia.

Pengelolaan yang berpindah ke tangan BP Batam akan dimantapkan secara bertahap selama masa percobaan tiga tahun. Pada tahun pertama BP Batam akan mematangkan struktur yang ada, seperti penunjukan kepala bandara.

BP Batam akan melelang jabatan Kepala Bandara Hang Nadim menyusul pembentukan BUBU tersebut. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar