Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 19 Juli 2016

Pelabuhan Batam Terpadat se-Indonesia Saat Lebaran 2016

Selasa, 19 Juli 2016 (Sumber: Batam News)

 
Suasana di Pelabuhan Sekupang, Batam. (foto: istimewa/okezone)


BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Pelabuhan di Batam disebut sebagai pelabuhan dengan aktivitas terpadat saat periode Lebaran dengan jumlah penumpang naik 198.744 orang dan penumpang turun sebanyak 179.312 orang.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Tonny Budiono mengungkapkan, dari 52 pelabuhan pantau di seluruh Indonesia jumlah penumpang naik dari H-18 hingga H+11 (18 Juli 2016) pukul 18.00 WIB sebanyak 1.578.463 orang dan penumpang turun sebanyak 1.542.727 orang.

"Saya terus menginstruksikan sekaligus memberikan semangat kepada seluruh jajaran perhubungan laut yang sedang bertugas, khususnya di angkutan laut Lebaran. Baik yang di kantor pusat maupun yang berada di pelabuhan agar terus berjaga-jaga, memonitor setiap kapal dan lonjakan penumpang di pelabuhan dan memastikan arus balik dengan kapal berjalan lancar," ujar Tonny dalam rilisnya di Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Dia juga mengapresiasi para petugas beserta jajarannya yang berperan aktif dan menunjukkan kinerjanya di masa angkutan laut Lebaran, sehingga hingga H+11 tujuan zero accident dapat tercapai.

"Pengorbanan mereka yang telah bekerja pagi, siang dan malam tanpa libur mengawal penyelenggaraan angkutan laut Lebaran hingga saat ini saya hargai. Masyarakat harus lihat para petugas bekerja tanpa mengenal lelah dan memberikan pelayanan yang terbaiknya bagi pengguna jasa transportasi laut," katanya.

Selain itu, lanjut Tonny, para petugas Posko Angkutan Laut Lebaran terus memberikan laporan kepadanya terkait penyelenggaraan arus balik di wilayahnya masing-masing.

"Kami ada grup komunikasi yang terdiri dari pejabat dan petugas angkutan laut Lebaran yang dapat diakses melalui telepon genggam. Jadi setiap laporan penanganan arus mudik maupun arus balik melalui transportasi laut di 52 pelabuhan yang dipantau secara terus menerus disampaikan berkala dan apabila ditemukan kendala maupun masalah maka dapat segera dicari solusinya," pungkas Tonny.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan pada acara jumpa pers evaluasi Angkutan Lebaran 2016 menyampaikan bahwa pada angkutan laut, jumlah penumpang mengalami kenaikan 5,6% atau 930.498 penumpang dibanding tahun lalu yang berjumlah 881.145 penumpang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar