Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 12 November 2014

Penumpang Hang Nadim Batam 2014 Tembus 5 Juta

Rabu, 12 November 2014 (Sumber : Haluan Kepri)

NONGSA (HK) - Badan Pengusahaan(BP) Batam memperkirakan jumlah penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada 2014 sebanyak 5 juta orang.

" Pada hari-hari-hari biasa jumlah penumpang yang melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam sudah mencapai 13 ribu orang. Pada saat hari raya jumlahnya bahkan sudah mencapai 16 ribu penumpang. Jumlah terusebut terus meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Senin (11/10).



Dengan peningkatan tersebut, diperkirakan hingga akhir 2014 jumlah penumpang sudah mencapai 5 juta orang sesuai dengan daya tampung bandara yang dibangun saat Presiden ke-3 BJ Habibie menjabat Kepala Otorita Batam (saat ini BP Batam).

Dengan prediksi penambahan penumpang 15 per tahun serta peningkatan penerbangan sekitar 5 persen per tahun, kata Djoko, maka diperlukan suatu sistem yang andal untuk kecepatan dan ketepatan pelayanan salah satunya bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II.

"BP Batam memiliki program strategis menjadikan bandara Hang Nadim sebagai pusat pelayanan maintenance repair overhaul (MRO) dan juga sebagai hub atau pusat penumpukan kargo dan penumpang di Asia Tenggara. Maka kapasitas dan pelayanan harus ditingkatkan," kata Djoko.

Sebelumnya Djoko juga mengatakan kapasitas Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan ditingkatkan menjadi 16 juta penumpang per tahun dari sebelumnya hanya sebesar 5 juta penumpang per tahun.

Ia mengatakan bahwa terminal lama akan ditingkatkan menjadi 8 juta penumpang per tahun dari sebelumnya sebanyak 5 juta penumpang per tahun. Selain itu juga pihaknya akan membangun terminal yang baru dengan kapasitas mencapai 8 juta penumpang per tahun.

"Peningkatan kapasitas bandara tersebut dinilai mendesak seiring dengan peningkatan penumpang per tahun semakin tinggi," kata Djoko.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh BP Batam, tercatat pada tahun 2012 jumlah penumpang Bandara Internasional Hang Nadim Batam sebanyak 3,8 juta orang dengan 84 penerbangan per harinya. Sementara pada tahun 2013 jumlah penumpang meningkat menjadi 4,1 juta penumpang dengan jumlah penerbangan mencapai 104 penerbangan reguler per hari.

"Proses pembangunan terminal lama juga baru akan dimulai pada tahun 2017 mendatang, dan setelah selesai baru akan dilanjutkan kepada pembangunan terminal yang baru. Pada saat ini rancangan terminal barunya sudah ada dan rencana pembangunan akan dilakukan pada sisi kiri terminal kargo," kata dia.(par)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar