Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 10 November 2014

BP Gelar Simulasi Kebakaran di RSOB

Senin, 10 November 2014 (Sumber : Tanjung Pinangpos)

SIMULASI: Petugas pemadam kebakaran Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar simulasi evakuasi pasien di Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB) , Jumat (7/11). F-ISTIMEWA
SIMULASI: Petugas pemadam kebakaran Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar simulasi evakuasi pasien di Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB) , Jumat (7/11).
F-ISTIMEWA


BP Gelar Simulasi Kebakaran di RSOB
BATAM – Pihak pemadam kebakaran Badan Pengusahaan (BP) Batam, menggelar simulasi evakuasi pasien di Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB), Jumat (7/11). Simulasi ini penting dilakukan untuk memastikan kesiapsiagaan petugas medis, bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran.
“Kami menggelar simulasi ini untuk memastikan kesiagaan petugas rumah sakit dalam menghadapi ancaman kebakaran,” kata penanggung jawab kegiatan simulasi Chandra Friyadi.Sebelum dilakukan simulasi, seluruh pasien yang ada di RSOB diberitahukan dulu.
“Itu untuk menjaga pasien tidak panik,” beber Chandra.
Skenario simulasi sudah disusun dengan sedemikian rupa. Simulasi diawali dengan terjadi kebakaran di RSOB. Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian.
Mereka mencoba memadamkan kebakaran di Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB). Sejumlah pasien mengalami kepanikan karena kebakaran dan asap akibat arus pendek, yang mengepung gedung itu. Puluhan pasien dan keluarga berhamburan keluar. Namun, beberapa di antara pasien tidak bisa keluar dan terkepung dalam gedung.
Sekitar 50 petugas RSOB melakukan evakuasi dengan dibantu 15 personel pemadam kebakaran. Tiga unit mobil pemadam kebakaran juga diturunkan, berikut alat evakuasi. Mereka yang terjebak dievakuasi dengan menggunakan tali. Selanjutnya, para pasien yang terjebak itu dibawa dari RSOB menuju rumah sakit lain, dengan menggunakan dua ambulans.
Masing-masing pasien didampingi perawat dari rumah sakit tersebut. Sementara, api terus membakar lantai dua dan tiga gedung gedung itu. Petugas kebakaran melakukan upaya menjinakkan api. Setelah beberapa lama berlangsung, api berhasil dijinakkan. (mbb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar