Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 12 November 2014

Antisipasi Kebakaran, RSBP Batam Bakal Buat Jalur Evakuasi Khusus

Rabu, 12 November 2014 (Sumber : Batam Today)

 
 

Simulasi penanganan kebakaran yang digelar Rumah Sakit BP Batam beberapa waktu lalu.

BATAM, BP Batam - Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam berencanakan untuk membuat jalur evakuasi untuk menyikapi terjadinya bencana, salah satunya kebakaran.

Rencana untuk membuat jalan evakuasi sudah disusun sejak dua tahun lalu, namun hingga kini masih berupa wacana saja. Hal ini diungkapkan oleh Candra selaku kepala bidang penunjang medis di rumah sakit tersebut.

"Sejak dua tahun yang lalu kita sudah rencanakan pembangunan jalan evakuasi khusus jika terjadi kebakaran. Namun lagi-lagi terbentur dengan anggaran yang belum ada," ujar Candra, Senin (9/11/2014).

Menurut Candra jalur evakuasi khusus yakni sebuah lorong atau jalan keluar secara darurat. Program tersebut sudah direncanakan pada tahun 2012 namun belum terlaksanakan karena  keterbatasan anggaran.

Antisipasi darurat kebakaran RSBP saat ini masih menggunakan sistim penyelamatan secara manual, seperti yang dilakukan beberapa hari lalu simulasi pelatihan objek penanggulangan kebakaran.

"Kesulitan kita dalam mengantisipasi jika ada kebakaran pasti karena belum adanya jalur evakuasi khusus jalur tersebut sangat penting. Selain itu agar meningkatkan taraf standar rumah sakit terdepan," ujarnya.

Ia yakin hal yang paling menyulitkan dalam mengevakuasi kebakaran di RSBP karena belum adanya jalur tersebut Candra menjelaskan terlalu besar anggaran yang dibutuhkan untuk membangun fasilitas tersebut membuat rumah sakit milik BP Kawasan itu hingga kini belum memilikinya.

"Kemarin dalam pembahasan anggaran dana yang harus dikeluarkan untuk membuat jalur khusus evakuasi itu sekitar Rp1 miliar," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar