Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 17 November 2014

Kapasitas Bandara Hang Nadim Bakal Ditingkatkan Jadi 16 Juta Penumpang Per Tahun

Senin, 17 November 2014 (Sumber : Batam Today)

BATAM, BP Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam memperkirakan jumlah penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam hingga akhir 2014 bisa tembus hingga mencapai 5 juta orang. Kapasitas bandara juga akan ditingkatkan menjadi 16 juta penumpang per tahun dari sebelumnya hanya sebesar 5 juta penumpang per tahun.


"Berdasarkan data penumpang, setiap harinya jumlah penumpang melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam sudah mencapai 13 ribu orang. Pada hari besar seperti hari raya jumlahnya tembus 16 ribu penumpang," kata Dwi Djoko Wiwoho, Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Senin (10/11/2014).

Dia menambahkan, jumlah penumpang terus mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Dengan demikian diperkirakan hingga akhir 2014 jumlah penumpang sudah mencapai 5 juta orang atau naik 15 persen per tahun.

Kenaikan jumlah penumpang, lanjutnya, disertai peningkatan jadwal penerbangan sekitar 5 persen per tahun. Karena itu diperlukan suatu sistem yang andal untuk kecepatan dan ketepatan pelayanan, salah satunya bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II.

"BP Batam memiliki program strategis menjadikan bandara Hang Nadim sebagai pusat pelayanan maintenance repair overhaul (MRO) dan juga sebagai hub atau pusat penumpukan kargo dan penumpang di Asia Tenggara. Maka kapasitas dan pelayanan harus ditingkatkan," jelas Djoko.

Djoko juga menyampaikan, kapasitas Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan ditingkatkan menjadi 16 juta penumpang per tahun dari sebelumnya hanya sebesar 5 juta penumpang per tahun.

"Terminal lama akan ditingkatkan menjadi 8 juta penumpang per tahun dari sebelumnya sebanyak 5 juta penumpang per tahun. Selain itu juga kami akan membangun terminal yang baru dengan kapasitas mencapai 8 juta penumpang per tahun," jelasnya.

Berdasarkan data yang dimiliki BP Batam, jumlah penumpang Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada 2012 sebanyak 3,8 juta orang dengan 84 penerbangan per harinya. "Sementara pada tahun 2013 jumlah penumpang meningkat menjadi 4,1 juta penumpang dengan jumlah penerbangan mencapai 104 penerbangan reguler per hari," terangnya.

Proses pembangunan terminal lama akan dimulai pada tahun 2017 mendatang, dan setelah selesi, dilanjutkan dengan  pembangunan terminal baru. "Pada saat ini rancangan terminal barunya sudah ada dan rencana pembangunan akan dilakukan pada sisi kiri terminal kargo," tutup dia. (*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar