Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 04 Desember 2015

BPWS Pelajari Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas Batam

Jum'at, 4 Desember 2015 (Sumber: Antara Kepri)

Batam (Antara Kepri) - Badan Pengembang Wilayah Surabaya-Madura (BPWS) menggelar lokakarya dan mempelajari kiat Badan Pengusahaan Batam dalam mengelola kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas.

"Kami ingin berbagi pengalaman sekaligus belajar dengan BP Batam mengenai pengembangan kawasan pengusahaan dan wilayah," kata Plt Kepala Pelaksana BPWS Herman Hidayat seperti rilis yang disampaikan BP Batam, Kamis.


Dalam lokakarya pada Rabu (2/12) Herman menyampaikan informasi mengenai berbagai kebijakan pengembangan Surabaya-Madura (Suramadu)kepada 40 peserta dari sejumlah instansi.

"BP Batam adalah salah satu dari empat Badan Pengusahaan yang berhasil mengembangkan dan mengelola tata ruang wilayahnya," kata dia.

Usai kegiatan, rombongan dari BPWS beserta sejumlah pejabat BP Batam mengunjungi Proyek Perluasan Pelabuhan Kargo Batu Ampar dan sejumlah kawasan industri.

Kedua belah pihak juga sepakat meningkatkan kerja sama antara kedua daerah, lebih khusus lagi tentang pengembangan tata ruang wilayah yang sudah ada.

Anggota 2 Deputi Bidang Perencanaan dan Pengembangan BP Batam, I Wayan Subawa selaku narasumber memaparkan pengembangan Batam yang dimulai para era 1970-an.

Untuk mengembangkan Pulau Batam, kata dia, Otorita Batam (sekarang BP Batam) harus terlebih dahulu merancang industri, pertanian maupun jasa yang akan dibangun.

"Pengembangan pembangunan dan pengelolaan oleh suatu lembaga harus singkron dengan lembaga lainnya yang didukung oleh pengembangan legalitas sesuai perkembangan zaman," kata dia.

Hal tersebut, kata dia, diperlukan agar dalam pengembangan tidak berbenturan dengan pihak-pihak lain sehingga bisa terhambat.

Sebelumnya rombongan BPWS berkunjung ke BP Batam untuk mempelajari berbagai hal sebagai upaya mengembangkan wilayah Suramadu lebih maju. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar