Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 14 Desember 2015

BP Batam Paparkan Pengembangan Batam Technopark

Senin, 14 Desember 2015 (Sumber: Antara Kepri)

Batam (Antara Kepri) - Direktorat Lalu Lintas Barang Badan Pengusahaan Batam mengadakan Focus Group Discussion mengenai rencana induk pengembangan Batam Technopark untuk meningkatkan kualitas  masyarakat dan menciptakan pelaku bisnis berbasis teknologi.

"Dengan Batam Technopark dapat mewujudkan kesejahteraan dan kualitas skill masyarakat, menciptakan pelaku bisnis berbasis teknologi. Jadi ini sangat besar manfaatnya untuk perkembangan Batam," kata Direktur Lalin Barang BP Batam Tri Noviantra yang memaparkan secara umum rencana induk pengembangan BTP di Batam, Jumat.


Tri menambahkan roadmap BP Batam untuk industri setelah 2015 menciptakan transformasi industri bernilai tambah tinggi, mengembangkan sektor jasa, dan membangun konektivitas antar pulau.

"Fokus pengembangan industri akan dilakukannya diversifikasi dimana industri yang sudah ada diperbaharui contoh green industry bertransformasi menjadi light emited diode, kemudian membangun 'gateway logistic' penghubung," kata dia.

Ia mengatakan, berdasarkan kajian Lembaga Konsultan Frost and Sullivan kekuatan Batam terletak di jalur pelayaran Internasional yang merupakan selat tersibuk di dunia, keterkaitan dengan Singapura sebagai Internasonal logistik.

Hadir sebagai narasumber diantaranya Ignatius Warsito, Direktur Industri Elektronika dan Telematika, Anugerah Widiyanto, Kepala Balai Inkubator Teknologi BPPT, Priyono, Group Leader Seksi Kerjasama dan Permasyarakatan BPPT, Yudi Adhi Purnama Kasubdit Analisis Kebijakan Telematika Kemenko, Basuki Rachmatul Alam, Rektor STEI Institut Teknologi Bandung, dan peserta dari Pemprov Kepri, BP Batam, Bappeda Kota Batam, dan Politeknik Negeri Batam.

Anugerah Widiyanto dalam kesempatan tersebut menyarankan pengembangan BTP harus bisa memfokuskan bidang industri yang seperti industri paling menonjol.

"Saya melihat banyak potensi industri yang dapat diarahkan skala nasional dari Batam ini, namun perlu dikaji kembali fokus seperti apa yang dapat ditonjolkan," kata dia.

Pembahasan FGD tersebut fokus pada isu tim persiapan dan percepatan Batam Techno Park, kelembagaan organisasi, transformasi industri manufaktur ke bidang jasa, kepemilikan aset, dan industri pendukung berjalannya BTP.

Ignatius Warsito, Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenpri dalam sambutannya mengatakan diperlukan kerjasama pada berbagai pihak untuk mengembangkan BTP.

"Kami sangat berharap keterlibatan pihak swasta dan komitmen dari berbagai pihak sehingga pengelolaan BTP nantinya berkembang fleksibel," kata dia.

Priyono, Kepala Seksi Kerjasama dan Pemasyarakatan BPPT memberi masukan berupa pembentukan kelembagaan dan SK kerja, tolak ukur pengembangan BTP terciptanya usaha berbasis teknologi.

"BTP dapat diawali dengan pembangunan ruang manajemen dan ruang inkubator kemudian bentuk struktur kelembagaannya dapat secara profesional secara pengelolaannya," kata Priyono. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar