Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 06 April 2018

Serangkaian Kesenian Meriahkan Batam Menari

Jumat, 6 April 2018 (Sumber : haluankepri.com)


BATAM (HK) - Sejumlah pertunjukan seni budaya daerah serta tarian modern akan memeriahkan serangkaian kegiatan Batam Menari yang akan digelar pada tanggal 7 dan 8 April 2018 di bundaran BP Batam.

Ketua Panitia Batam Menari, Dendi Gustinandar menyampaikan sebelum hari puncak tanggal 8 April nanti, sejumlah pertunjukan seni budaya seperti pertunjukan drum band, seni gravity, tarian salsa, tari tobello dari NTT, ada tarian zumba. Namun pada sore hari juga ada kegaiatan donor darah sekaligus pembukaan zikir barat. Pada malam hari ada tarian rumput hijau INLA, Reog, Hiphop, jazz dan regea.



"Nanti ada 200 lapak kuliner jajanan nusantara. Untuk tanggal 8 April, pukul 17.00 WIB akan dibuka oleh artis Zaskia Gothik sampai Isya, dan dilanjutkan dengan panduan pembawa acara Ivan Gunawan," katanya dalam konfrensi pers, Senin (2/4).



Peserta yang sudah terverifikasi untuk ikut dalam Batam Menari sebanyak 20 ribu orang baik melalui pendaftaran online maupun konfirmasi langsung. "Kemarin ada 22 ribu peserta, tapi ada nama ganda, setelah diverifikasi ulang melalui konfirmasi langsung hasilnya sekitar 20 ribu peserta," katanya.



Untuk peserta sendiri tidak hanya berasal dari Batam, ada juga wisatawan mancanegara. Saat ini, Dubes Indonesia untuk Negara Malaysia dan Singapura sudah memastikan akan mengirimkan perwakilan mereka dalam ajang menari yang rencananya akan memecahkan rekor Muri nanti.



"Untuk posisi kita pilih di bundaran BP Batam agar tampilan lebih baik sesuai masukan keratif. Dua sisi jalan akan dipakai yaitu kearah mesjid raya dan kantor pos, kalau membludak maka akan dilanjutkan sampai kearah ocarina," sampai Dendi.



Tujuan acara ini untuk menjalin tali silaturahmi sekaligus mengembangkan seni dan kebudayaan Indonesia. Rencananya iven ini akan dijadikan agenda tahunan sehingga bisa menimbulkan ekonomi efect bagi pertumbuhan ekonomi Batam melalui sektor pariwisata.



Sementara itu, Kepala Dirpam BP Batam, Brigjen Pol Suherman menyampaikan bahwa tim telah mempersiapkan kantong parkir yang tersebar pada lima titik untuk menampung kendaraan peserta Batam Menari daari segala penjuru dimana rencananya akan diikuti oleh puluhan ribu orang.



Dia menjelaskan lokasi parkir pertama yaitu didepan Welcome To Batam dan seberang gedung graha pena untuk peruntukkan bus dan truck pasukan TNI, Polri, Dirpam dan Satpol PP,"Ini merupakan langkah pengamanan karena yang datang ribuan orang," katanya di Poltabes Barelang, Rabu (4/4).



Untuk lokasi parkir kedua terdapat didepan asrama haji persisnya di jajanan kuliner WTB serta parkiran masjid raya Batam bagi bus siswa sekolahan. Lokasi ketiga yakni di parkiran Mall Pelayanan Publik (MPP) untuk khusus masyarakat Batam Center, Nongsa arah Bandara dan sekitarnya.



Lokasi keempat di parkiran DPRD Kota Batam serta sekitaran gedung Pemko Batam dan Graha Kepri peruntukkan masyarakat dari Nongsa, arah bandara dan sekitarnya. Terakhir parkiran disekitar jalan Ocarina dan depan hotel 91 untuk masyarakat khusus dari Sekupang, Tiban, Batuaji dan sekitarnya.



"Sedangkan untuk penutupan arus akan terjadi ketika acara berlangsung selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu. Ada Tiga penutupan pertama sekitaran hotel Harmonie One sampai bundaran BP Batam terus di mesjid raya dan simpang hotel Harris.



Ditempat sama, Wakasatlantas Polresta Barelang, Kartijo mengatakan penutupan jalan dilakukan ketika acara berlangsung, pertama di persimpangan hotel Harmonie One, selanjutnya diperempatan mesjid raya Batam, dan ketiga di hotel Harris karena dijadikan arus putar balik.



Acara Batam menari sendiri akan dilangsungkan selama dua hari yaitu pada tanggal 8 dan 9 April, pertama akan diikuti oleh serangkaian kesenian budaya daerah dan berbagai macam musik baik kesan tradisional maupun internasional. 



Pada malam puncak akan dimeriahkan oleh artis Nasional seperti Zaskia Gothik, Ivan Gunawan dan Wali Band, sekaligus juga akan memecahkan rekor Muri penari terbanyak di Indonesia dengan tarian Rampai besutan Guruh Soekarno Putra. (cw56)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar