Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 07 Desember 2016

Perpustakaan BP Batam Hadir untuk Masyarakat Batam

Rabu, 7 Desember 2016 (Sumber: Batampos)

Suasana kegiatan di Perpustakaan BP Batam
Suasana kegiatan di Perpustakaan BP Batam

batampos.co.id – Perpustakaan Badan Pengusahaan (BP) Batam bisa disebut sebagai oase bagi warga Batam. Ia hadir tidak saja untuk karyawan BP Batam tetapi dibuka untuk umum sejak 2008.

Bila ingin mengetahui lebih dekat tentang pembangunan Pulau Batam ya datang ke perpustakaan BP Batam. Pasalnya Perpustakaan BP Batam sebenarnya termasuk jenis perpustakaan khusus.

Ia hadir untuk memenuhi kebutuhan bahan pustaka/informasi di lingkungannya dalam rangka mendukung pengembangan dan peningkatan lembaga maupun kemampuan sumber daya manusia.

Perpustakaan khusus juga mempunyai karakter khusus apabila dilihat dari fungsi, subyek yang ditangani, koleksi yang dikelola, pemakai yang dilayani, dan kedudukannya. Sehingga dari hal tersebut nantinya akan terlihat dengan jelas perbedaannya dengan perpustakaan-perpustakaan pada umumnya.

Perpustakaan BP Batam ini pertama kali dibuka di Hari Bakti ke-37 BP Batam atau tepatnya 26 Oktober 2008. Kala itu, Kepala BP Batam Mustofa Widjaja yang membuka langsung bersama Kepala Perpustakaan Nasional, Daddy P. Rachmananta.

Setelah dilakukan penataan mencakup aspek ruangan, koleksi, sistem pelayanan maupun SDM, pada 22 Desember 2009, perpustakaan BP Batam diresmikan penggunaannya kembali oleh Ketua BP Batam Mustofa Widjaja, dengan menempati Gedung B Pusat Teknologi Informasi (IT Center) BP Batam di lantai 1 dan 2.

Perpustakaan ini diharapkan akan memberikan kontribusi dan manfaat dalam rangka melestarikan dan memasyarakatkan proses dan hasil pembangunan Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam (Otorita Batam), yang kini bertransformasi sebagai Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Kendati pendiriannya dimaksudkan untuk melayani kebutuhan karyawan BP Batam, namun dalam penerapannya, Perpustakaan BP Batam tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat umum yang memerlukan informasi. Koleksi buku-bukunya pun berkembang ke berbagai cabang ilmu pengetahuan. 

Kabag Sekretariat Arsip dan Perpustakaan, Wahyu Suci Rahayu menyampaikan, setiap bulan rata-rata, Perpustakaan BP Batam dikunjungi 120 hingga 150 orang. Pada 2013 jumlah pengunjung mencapai 1.535 orang dan pada 2014 mencapai 1.412 orang. Pada 2015, mencapai 1.912 orang.

Sedangkan pada triwulan pertama 2016 mencapai 1.348 pengunjung dari berbagai kalangan, tidak hanya para pegawai BP Batam, tetapi juga pelajar/mahasiswa dan masyarakat umum di Batam.
Lambat laun semakin banyak warga Batam yang tahu keberadaan Perpustakaan BP Batam. Mereka pun berangsur datang.

Nah, bila Anda ingin berkunjung ke sana perpustakaan BP Batam dibukan mengikuti jam kerja. Saat ini menempati Gedung B, Pusat Teknologi Informasi BP Batam, Batam Center. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar