Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 06 Desember 2016

Pelabuhan Domestik Sekupang (Baru) segera Bisa Dinikmati

Selasa, 6 Desember 2016 (Sumber: Batampos)

pembangunan-pellabuhan-dome 


batampos.co.id – Tidak lama lagi, penumpang kapal yang biasa menggunakan fasilitas Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) akan bisa menikmati pelabuhan baru, yang berstandar internasional.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) PDS, Denni Setiawan mengatakan sesuai rencana pelabuhan yang mulai dibangun mulai tahun 2015 ini akan selesai pada 21 Desember nanti. Saat ini pekerjaan sudah memasuki tahap penyelesaian atau tahap akhir.

Menurut rencana, proyek miliyaran rupiah ini akan diresmikan oleh Menteri Perhubungan (Kemenhub).

“Rencanya dibuka sama Menhub nanti, kalau tidak ada masalah penumpang yang hendak mudik natal sudah melalui pelabuhan baru ini,” kata dia.

PDS yang biasa melayani peralayaran antar pulau seperti, Moro, tanjungbalai, Dumai, Karimun,Tanjungbatu ini sudah bisa difungsikan pada hari natal nanti. Pelabuhan yang dibangun tingkat dua ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas yang berstandar.

“Sistemnya sama dengan pelabuhan internasional lainnya,” ujarnya.

Pelabuhan juga dilengkapi dengan ruang tunggu umum menampung 300 penumpang, VVIP 100-150 penumpang, kantin, toilet, x-ray, wifi, CCTv, lahan parkir yang bisa menampung hingga 800 kendaraan. Pelabuhan terdiri dari dua bagian, yang pertama lantai dasar kantor Be dan cukai, karantina, syahbandar, KKP, x-ray, dan lorong khusus untuk bagasi. Sedangkan lantai dua ada musala, konter tiket, publik area, ruang tunggu, konter makanan kering atau oleh-oleh. Pelabuhan juga dipasangi lift dan eskalator untuk memudahkan penumpang menuju lantai II.

“Semua online, jadi tersistem termasuk juga parkirnya. Penumpang akan lebih nyaman saat menunggu” sebut dia.

Pantauan Batampos di lapangan, beberapa pekerja terlihat mulai membuka pagar pembatas bangunan PDS yang biasa menutupi bangunan. Terlihat konstruksi bangunan yang mulai memasuki tahap penyelesaian. (cr17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar