Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 01 Februari 2018

Lukita Senang Program Quick Win 100 Hari BP Batam Direspon Positif

Kamis, 1 Februari 2018 (Sumber: Wartakepri.co.id)



WARTA KEPRI.co.id, BATAM – Bertepatan dengan Tanggal 31 Januari 2018, Lukita Dinarsyah Tuwo, Kepala BP Batam bersama dengan para deputinya telah 100 hari bertugas di Kota Batam. Dan, sebagai bentuk tanggung jawabnya bertugas di Batam, Lukita Dinasyah Tuwo menggelar Lunch Gathering Quick Wins BP Batam, dengan mengundang seluruh muspida, TNI/Polri, Lembaga Masyarakat, Tokoh Masyarakat, Pengusaha, dan kalangan profesional se Kota Batam, di Swiss Bell Hotel Harbour Bay Batam.
Sebelum mengenalkan program terbaru BP Batam di Tahun 2018, Lukita menaruh semangat dan harapan dalam pidatonya yang bertema ‘Capaian 100 Hari Kerja BP Batam’ lengkap dengan tagline, “Kompak Melayani untuk Batam yang Maju”.
Hadir mendengar paparan 100 hari kerjanya, terlihat Gubernur Kepri yang diwakili Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kepri, Asman Taufik. Hadir pula Sekda Kota Batam Jefridin mewakili Walikota Batam.
Irwasda Polda Kepri Kombes Pol Heru Pranoto mewakili Kapolda Kepri Irjen Pol Drs Didid Widjanardi SH, yang hari ini melaksanakan roadshow dari markas ke markas. Mulai dari Markas Yonif 10 Marinir SBY (Satria Bumi Yudha) Setokok Batam sampai Polresta Barelang.
Tampak hadir Kepala Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepri Gusti Raizal Eka Putra, Kepala BIN daerah (Kabinda) Provinsi Kepri Brigjen TNI Yulius Selvanus, Kepala Kantor Imigrasi Batam Lucky Agung Binarto, Ketua Kadin Kepri Ahmad Ma’ruf Maulana, Ketua Kadin Kota Batam Jadi Rajagukguk dan sejumlah tokoh masyarakat, akademisi serta tentu saja, para wartawan berbagai media.
” Harapan yang besar para stakeholder, keinginan untuk segera merealisasi program-program dan apa saja yang telah dicapai,” ujar Lukita Dinarsyah Tuwo menyampaikan alasan menggelar makan siang 100 hari pencapaiannya itu.
Meskipun data menunjukkan telah terjadi peningkatan jumlah investasi, lanjut Lukita, tapi masih belum significan. Belum terasa dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat Batam.
“Tapi pencapaian ini akan terus dikejar hingga tercapai semua target dan harapan.”
Bangun Sinergi dengan Semua Pihak, Lukita Komit Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen Lalu, Kepala BP Batam itu pun membahas 10 pencapaian yang didengar serius seluruh tamu yang hadir.
1. Revisi Perka (Peraturan Kepala BP Batam) terkait lahan, sudah dilaksanakan. Revisi Perka tentang UWTO (Uang Wajib Tahunan Otorita) juga sudah dilakukan. Dan Revisi Perka Pelabuhan, sudah berproses tinggal menunggu Revisi PMK 148/2016.
2. Penyelesaian masalah perizinan lahan dan pencabutan lahan, sudah dilaksanakan dan saat ini masih terus berlangsung.
3. Percepatan pelayanan berusaha dan peluncuran Mall Pelayanan Publik, sudah dilaksanakan dan saat ini masih terus berlangsung.
4. Peningkatan komunikasi BP Batam dengan pemangku kepentingan di Batam:
a. Melakukan pertemua, komunikasi, dialog dan silaturahmi dengan para stakeholder, sudah dilaksanakan dan akan terus berlangsung.
b) Kerjasama dengan Pemerintah Kota batam, sudah dilaksanakan dan akan terus berlangsung.
• Pengalihan Aset Tahap 1 dari Kementerian Keuangan ke Pemerintah Kota Batam, sudah keluar Surat Menteri Keuangan Ke Presiden S-58/MK.06/2018.
• Pengalihan Aset Tahap 2 dari BP Batam juga sudah diserahkan ke Kementerian Keuangan.

• Pembahasan Pengalihan Aset Tahap 3, sudah dilakukan tinggal menunggu Keputusan Dewan Kawasan Batam.
• Pembahasan Pengalihan SDM Pengelola Aset, sudah dilakukan.
• Pembahasan pengalihan perijinan Pemko dan BP Batam, sudah dilakukan.

c) Penggunaan baju melayu setiap hari Jum’at, sudah dilakukan di lingkungan BP Batam.
5. Peluncuran Master Plan BP Batam, sudah dilaksanakan tinggal menunggu Revisi RTRW Perpres 87/2011.
6. Penanganan permasalahan sosial terkait lahan:
a. Penyelesaian permasalahan Sei Gong, saat ini posisinya tinggal menunggu keputusan Gubernur Kepri. Karena pemberian uang sagu hati harus berdasar pada keputusan Gubernur Kepri.
b. Pencarian solusi permasalahan Dam Baloi, saat ini masih dalam proses. Tapi BP Batam sudah menyiapkan lahan kavling pengganti.
c. Pencarian solusi tumpang tindih lahan masyarakat, sudah dilaksanakan dan akan terus berlangsung.
d. Pencarian solusi Kampung Tua, sudah dilaksanakan di Bengkong Sadai. Dan akan terus berlanjut di kampung tua lainnya.
e. Pencarian solusi rumah liar, masih dalam proses.
7. Rancangan Re-organisasi BP Batam, sudah dilakukan tinggal menungu persetujuan Dewan Kawasan BP Batam.
8. Review/Revisi Perka tarif pelayanan BP Batam, sudah dilaksanakan.
9. Pelaksanaan event International dan Nasional secara berkala, sudah dilaksanakan.
a) Batam Badminton Open Championship (5-10 Desember 2017)
b) Barelang Bridge Marathon (10 Desember 2017)
c) Batam South East Asia Fashion And Culture Carnaval (16 Desember 2017)

10. Persiapan pengembangan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus), masih dalam proses yang terus berlanjut.(*)
Editor Dedy Suwadha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar