Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 03 Mei 2017

BP Batam Bakal Ambilalih Pengelolaan Pantai Melur. Ini Alasannya

Rabu, 3 Mei 2017 (Sumber: Tribun Batam)

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - BP Batam akan mengambilalih kembali pengelolaan kawasan wisata Pantai Melur. Tempat wisata seluas 77 hektare yang berada di Kecamatan Galang itu, rencananya akan dikembangkan secara maksimal sebagai kawasan wisata dan dijadikan sumber Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) di BP Batam.

Dalam hal ini, BP Batam sudah berkirim surat ke Pemko Batam soal rencana pengambilalihan aset Pantai Melur, akhir November 2016 lalu. Namun hingga saat ini belum mendapat jawaban dari Pemko Batam.

"Soal Pantai Melur, ya kami sudah sampaikan surat ke Pemko. Sekarang kami masih menunggu jawaban dari Pemko," kata Anggota 4/Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha Lainnya BP Batam, Purba Robert M Sianipar, Selasa (2/5/2017) di BP Batam.

Pada 2008 lalu, pengelolaan kawasan wisata Pantai Melur memang dikerjasamakan BP Batam dengan Pemerintah Kota Batam. Mereka berbagi tugas. BP Batam mengelola kawasan ex Camp Vietnam di Galang. Sedangkan Pemko Batam mengelola kawasan wisata Pantai Melur. Namun dalam perjalanannya, BP Batam menilai Pemko Batam tidak melakukan sesuai kesepakatan.

Di lapangan, ternyata Pantai Melur dalam penguasaan pihak ketiga tanpa pengawasan. Malah ada beberapa aset BP Batam yang sudah rata dengan tanah. Seperti mushala, toilet dan gazebo. Padahal aset itu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan Pantai Melur dan sudah terdaftar di Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) di Kementerian Keuangan RI.

Sementara itu, Wali Kota Batam saat dikonfirmasi mengaku belum tahu soal rencana pengambilalihan pengelolaan Pantai Melur tersebut. Dia sudah meminta bagian pemerintahan Pemko Batam untuk mengurus hal-hal terkait Pantai Melur. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar