Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 02 Mei 2017

Barelang Sangat Memungkinkan jadi Provinsi Khusus

Selasa, 2 Mei 2017 (Sumber: Batam Pos)

batampos.co.id – Sebelum Presiden ketiga RI BJ Habibie membuka ke publik soal rencana menjadikan Batam, Rempang, dan Galang (Barelang) sebagai provinsi khusus ekonomi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) ternyata sudah melakukan kajian mendalam.

”Benar, Kemenkumham sudah mengkaji ide provinsi khusus ini. Sudah ada kajiannya. Bisa ditanya ke Pak Menteri Yasonna Laoly,” ujar Deputi II Badan Pengusahaan (BP) Batam Junino Jahja, kepada Batam Pos, Jumat (28/4/2017) di Turi Beach Resort Nongsa, Batam.

Pria yang pernah menjabat Deputi Bidang Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2004-2007 ini mengungkapkan, dari hasil kajian Kemenkumham itu, sangat mungkin Barelang menjadi provinsi khusus. Dari aspek hukum maupun yang lainnya memenuhi syarat.

Namun, Junino belum bisa membeberkan secara detail hasil kajian Kemenkumham itu. Ia hanya memastikan kajian tersebut ada dan peluang Barelang menjadi provinsi khusus sangat terbuka lebar.
Junino hanya mengatakan, salah satu isi kajian Kemenkumham itu menyebutkan, nantinya tetap ada kelurahan-kelurahan dan kecamatan-kecamatan yang akan melayani administrasi kependudukan di provinsi khusus ini.

”Saya kira kajian itu sangat baik dan saya yakin ini menjadi solusi terbaik buat Batam,” katanya sambil tersenyum. Apakah ide ini bakal diterima Pemko Batam? ”Wallahualam, tapi ini ide terbaik,” ujar Junino.

Habibie mengatakan, provinsi khusus itu nantinya akan dipimpin seorang gubernur yang berasal dari kalangan profesional dan ditunjuk langsung. Habibie menyebut gubernur berasal dari BP Batam karena selain diisi oleh sumberdaya manusia profesional, personel BP Batam juga dinilai paling memahami visi masa depan Batam dan sejarah pembangunan Batam. (nur/leo/rng)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar