Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 20 Maret 2018

BP Batam Menginisiasi Pembentukan Batam Promosi Center dan Tourist Information Centre

Senin, 19 Maret 2018 (Sumber: Tribunnews.com)

BP Batam Menginisiasi Pembentukan Batam Promosi Center dan Tourist Information Centre
Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo bersama Wali Kota Batam HM Rudi 


TRIBUNBATAm.id, BATAM -  Deputi V BP Batam Bambang Purwanto mengatakan, untuk pengembangan pariwisata di Batam, perlu dibentuk Badan Promosi Pariwisata atau Batam Promosi Center.
Hal itu disampaikan dalam rapat sinergitas penanganan pariwisata Kota Batam,  Jumat (16/3/2018) pekan lalu.

Rapat itu dihadiri Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, dan sejumlah asosiasi pariwisata, komunitas. Termasuk perwakilan dari Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kota Batam.

Bambang melempar usulan pembentukan Badan Promosi Pariwisata di Batam kepada peserta rapat yang nanti tinggal ditentukan siapa yang akan menjadi leading sector-nya.

Senada dengan Bambang, Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, pihaknya sadar urusan pariwisata harus ditangani bersama oleh semua pihak, baik BP Batam, Pemko Batam, Pemprov Kepri, dan masyarakat.

"Kita lihat tadi banyak sekali unsur yang kita harus siapkan, baik even dan infrastruktur serta menyiapkan dukungan layanan. Dari hotel, transportasi, rumah makan, dan jasa travel semua penting," kata Lukita.
Untuk layanan yang berkaitan dengan kepariwisataan, BP Batam menginisiasi pembentukan Batam Promosi Center dan Tourist Information Centre (TIC) di Kota Batam.

Dari situ informasi dan promosi terkait kepariwisataan di Batam bisa didapat.
"Kita bisa bangun sarananya. Gagasan ini juga sudah ada dukungan dari kementerian pariwisata," ujarnya.
Selain pariwisata, lanjut Lukita, saat ini BP Batam juga mendorong sektor lainnya seperti shipyard, migas dan elektronik agar terus tumbuh dan nilai investasi semakin baik.

Sementara itu, Ketua DPD Asita Kepri, Andika Lim mengatakan, Batam dan Kepri pernah memiliki badan pariwisata yang melakukan promosi ke negara lain. Namun badan promosi itu tak berjalan karena minimnya anggaran.

"Badan promosi ini pekerjaannya mengeluarkan uang dan jangan berharap pemasukan uang. Karena tujuan dari badan ini adalah untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kepri dan Kota Batam," kata Andika. 

Perlu partisipasi masyarakat
BP Batam memerlukan partisipasi masyarakat dan insan pariwisata di Batam, untuk bersama-sama mengembangkan pariwisata di Batam, lewat ide-ide kreatif.
Pengembangan pariwisata ini dalam rangka meningkatkan perekonomian di Batam.
Mengingat sektor pariwisata termasuk penyumbang pendapatan terbesar bagi negara dan bisa memberikan multiplier effect.

Jumat (16/3), BP Batam menggelar rapat sinergitas penanganan pariwisata Kota Batam. Rapat itu dihadiri Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, Deputi V BP Batam, Bambang Purwanto, dan sejumlah asosiasi pariwisata, komunitas. Termasuk perwakilan dari Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kota Batam.

"Siapa yang bertanggungjawab dengan pengembangan pariwisata Batam?," kata Deputi V BP Batam, Bambang Purwanto melempar pertanyaan.

Tak ada jawaban lantang dari peserta rapat hari itu. Namun diyakinkan Bambang, tugas besar itu tak bisa diemban sendirian. Melainkan mesti bersama-sama.
BP Batam sendiri, termasuk pihak yang diberikan tugas pengembangan pariwisata di Batam berdasarkan undang-undang.

"Kami tak bisa sendirian, Pemprov, Pemko dan insan pariwisata di Batam mesti bergerak bersama. Kami minta ide-ide kreatif dari bapak, ibu. Kalau konsepnya matang, silakan ajukan ke kami. Kami support," ujarnya.
Bambang mengatakan, dalam pengembangan pariwisata ada dua hal yang perlu diperhatikan. Skala jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendeknya, yakni dengan mengadakan even-even kepariwisataan. Sementara jangka panjang, perlu dibangun infrastruktur untuk destinasi wisata.


Untuk even, lanjutnya, BP Batam sudah beberapa kali bekerjasama dengan asosiasi, media massa, maupun pihak lainnya menggelar even pariwisata. Sebut saja seperti Barelang Bridge Marathon bekerjasama dengan Tribun Batam, kemudian Car Free Night dengan konsep Zumba bekerjasama dengan Grand I Hotel.(wie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar