Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 16 Februari 2017

Ditpam BP Batam Tertibkan Penambang Pasir Ilegal di Kawasan Bandara

Kamis, 16 Februari 2017 (Sumber: Batam Today)











Puluhan petugas Ditpam BP Batam terlihat langsung terjun, Manarik mesin pompa yang ditinggalkan pelaku penambangan untuk dimanakan ke kantor Ditpam di Baloi.


BATAM, BP Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam menerjunkan tim Direktorat Pengamanan mengambil tindakan tegas pada pelaku penambangan pasir ilegal di Kawasan Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Dalam operasi yang dilakukan Ditpam BP Batam, Selasa (14/2/2017) kemarin, para penambang pasir yang telah merusak kawasan bandara lari tunggang-langgang setelah melihat petugas Ditpam turun ke lapangan melakukan razia.

"Pelaku kabur meninggalkan alat-alat yang digunakan," kata Direktur Promosi dan Humas BP Batam Purnomo Andiantono di Batam Centre, Rabu (15/02/2017).

Peralatan tambang yang mereka gunakan ditinggalkan, terdiri dari mesin pompa dan peralatan lainnya. Mesin pompa berfungsi untuk menyedot pasir yang disambungkan dengan pipa paralon yang berfungsi menyedot pasir hingga mengalirkannya ke tempat penampungan.

"Barang bukti alat-alatnya yang kami amankan dibawa ke Markas Ditpam BP Batam di Baloi," kata Andi Antono.

Aksi penambangan pasir ilegal di kawasan Bandara Hang Nadim ini telah berlangsung cukup lama. Pelaku penambangan berpindah-pindah dari satu titik ke titik lain di lokasi tersebut, karena lahan di kawasan tersebut banyak mengandung pasir berkualitas bagus.

Dari aktivitas penanganan pasir ilegal di kawasan Bandara Hang Nadim ini, menghasilkan ratusan kubik pasir yang diangkut dengan puluhan truk saban harinya.

Jalur yang digunakan sejumlah truk untuk mengangkut pasir ilegal ini, dari jalan tanah yang dibuat pelaku menggunakan alat berat kobelco. Pintu utama masuknya jalan yang dibuat, tidak jauh dari Pos PJR Ditlantas Polda Kepri di Batubesar.

"Kawasan bandara harus steril dari kegiatan manusia. Makanya dilakukan razia oleh petugas Ditpam," tutur Andi Purnomo kembali.

Sebelumnya, General Manager Umum Bandara Hang Nadim Batam mengatakan, sudah melaporkan maraknya penambangan pasir tersebut ke Ketua BP Batam. Bahkan Hatanto Reksodipoetro menurutnya, sudah terjun langsung ke lokasi bersama Kepala Ditpam.

"Kami tidak punya kewenangan melakukan tindakan. Kewenangan kami hanya sebatas melaporkan ke atasan dan Ditpam untuk segera ditindak-lanjuti," kata Suwaso beberapa waktu lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar