Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 30 Mei 2018

BP Batam Sambut Baik Ide Pengembang Perumahan

Selasa, 29 Mei 2018 (Sumber: Batampos.co.id)


Pekerja menggesa pembangunan perumahan di Tanjunguncang, Batuaji. F. Dalil Harahap/Batam Pos


batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam menyambut baik ide pengembang yang ingin membantu membangun rumah subsidi diatas lahan kavling siap bangun (KSB) yang masih kosong atau disalahgunakan.
“Saya tertarik dengan ide itu. Kami akan pertimbangkan. Karena bagi saya, lebih baik KSB itu dibangun oleh pengembang daripada membiarkan masyarakat membangunnya sendiri,” kata Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, Senin (28/5).
Ia mengetahui selama ini banyak masyarakat yang menyalahgunakan KSB untuk kepentingan pribadi. Bukannya dibangun untuk tempat pemukiman, malah dijualbelikan ke pihak lain.
“Sayang sekali sudah dapat kavling, malah dibuat seperti itu,” jelasnya.
BP akan segera mengeksplorasi ide ini dengan mulai mengevaluasi jumlah KSB yang saat ini masih ada.
“Saya akan lihat dulu KSB yang belum dimanfaatkan. Karena pada kenyataannya kami tak akan buka lahan baru untuk alokasi pemukiman lagi,” jelasnya.
Untuk KSB yang akan segera dievaluasi nanti, BP akan menerapkan sistem kerjasama dengan pengembang tentunya dengan melibatkan perbankan.
“Sejak awal juga nanti kami minta agar fasum dan fasosnya ditata dengan baik. Sehingga dapat memberi kesempatan baru bagi masyarakat yang belum punya rumah,” katanya.
Sedangkan Ketua DPD REI Batam Achyar Arfan mengatakan akan coba bermediasi dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk mencarikan lahan yang tepat untuk pembangunan rumah murah. Mengingat banyak anggota REI yang juga membangun rumah murah.
“Lahan kavling siap bangun banyak tak termanfaatkan atau disalahgunakan. Itu yang dicoba nanti,” ucapnya.
Ia menyarankan agar pemerintah daerah mensurvey lahan-lahan KSB yang tak termanfaatkan atau disalahgunakan.
“Lahan KSB bisa dilihat. Daripada tak dimanfaatkan bisa saja dikasih ke kami. Atau ke pengembang untuk dibuatkan rumah,” harapnya.(leo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar