Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 22 September 2017

Komitmen Cegah Korupsi, Kepala BP Batam: Jika Merasa Gaji Tak Cukup, Silahkan Cari Pekerjaan Lain

Kamis, 21 September 2017 (Sumber: Antara Kepri)

Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan (BP) Batam akan menerapkan sistem manajemen anti penyuapan sesuai dengan ISO 37001.

"Dalam waktu dekat akan kita terapkan. Inikan program pemerintah jadi harus kita dukung," kata Deputi Bidang Perencanaan dan Pembangunan BP Batam, Junino Jahja usai melakukan sosialisasi ISO 37001 tentang sistem manajemen anti penyuapan dan inpres nomor 10 tahun 2016, Rabu.

Junino mengatakan sebelumnya BP Batam telah melakukan langkah-langkah pemberantasan korupsi di internal BP Batam. Dengan adanya satu sistem yang bertaraf internasional tersebut diharapkan bisa semakin memperkuat upaya BP Batam dalam memberantas tindak pidana korupsi di lingkungannya.

"Pemberitahuaannya kan masih baru, kita lihat nanti kedepannya gimana," kata dia.

Sosialisasi yang dihadiri oleh Kepala BP Batam Hatanto Reksodipoetro itu menghadirkan narasumber dari KPMG Singapore, Owen M Hawkes dan Chris Jackson.

Dalam pemaparannya, Owen M Hawkes mengatakan, ISO 37001 tahun 2016 tentang sistem manajemen anti penyuapan bukanlah sesuatu yang harus ada. Bukan pula sebuah aturan hukum perundang-undangan, melainkan sebuah standar untuk melakukan bisnis atau usaha secara proporsional dan relevan.

"ISO 37001 tahun 2016 ini ada sistem untuk mencegah organisasi melakukan perbuatan suap-menyuap. Bisa mendeteksi unit-unit mana yang berisiko, mengenali risiko dari pihak ketiga," kata dia.

Lanjutnya, ISO 37001 tahun 2016 akan menetapkan persyaratan dan memberikan panduan untuk menetapkan, menerapkan, memelihara, meninjau dan memperbaiki sistem pengelolaan anti penyuapan.

"Sistemnya bisa berdiri sendiri atau bisa diintegrasikan ke dalam keseluruhan sistem manajemen," kata dia.

Kepala BP Batam Hatanto Reksodipoetro menegaskan komitmennya terhadap pemberantasan tindak pidana korupsi. Dirinya pun menghimbau kepada seluruh jajarannya untuk tidak terlibat dalam penyuapan pada zona integritas yang telah dibangunnya.

"Jika gaji yang diterima sebagai pegawai BP Batam tidak cukup silahkan mencari pekerjaan lain. Begitu juga para pejabat yang sudah diangkat sumpahnya," ungkapnya. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir
EXPOSSIDIK.com, Batam -- Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Hartanto Reksodipoetro, mengatakan, ia hingga saat ini tetap komitmen dalam usaha pemberantasan tindak pidana korupsi di jajaran BP Batam. "Jadi, soal korupsi saya tidak akan tinggal diam," kata Hartanto pada sosialisasi ISO 37001 tentang anti bribery management system dan inpres no 10/2016 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi di Balairungsari, Gedung BP Batam, Rabu, 20 September 2017. Hatanto menuturkan, korupsi diibaratkan seperti virus yang terus berkembang dan berevolusi dan untuk memberantasnya diperlukan sebuah keberanian. "Salah satunya dengan membangun sistem igovernment," katanya. Untuk menuju kearah good government, terang Hatanto, diperlukan keterlibatan seluruh pegawai BP Batam, termasuk dengan membangun sistem yang baik. "Presure dari rekan kerja untuk mengingatkan dan mencegah keinginan korupsi sangat diharapkan," ujarnya. Selain itu, Hatanto juga menyampaikan, BP Batam dibawah kepemimpinannya telah membangun zona integritas dengan kata kunci membangun igovernment. Dengan sistem online yang dikembangkan, kata Hatanto, berguna untuk mempercepat pelayanan sekaligus sebagai kontrol moral hasrat yang berkeinginan memperkaya diri. Hatanto juga mengingatkan bawahannya agar tidak terperosok dalam korupsi. "Jika gaji yang diterima sebagai Karyawan BP Batam tidak cukup, silahkan cari pekerjaan lain," terang Hatanto. "Saya mengingatkan, profesionalisme adalah integritas, sumpah dan janji. Sumpah kepada Tuhan dan janji di tempat kita bekerja," katanya. Turut hadir dalam sosialisasi ISO 37001, diantaranya Kepala BP Batam Hatanto, Waka BP, KADIN, HIPMI, APINDO, REI, Apindo, HKI, dan undangan lainnya. ALBERT ADIOS GINTINGS

Source: http://www.expossidik.com/2017/09/komitmen-cegah-korupsi-kepala-bp-batam.html?m=1
Disalin dari : www.expossidik.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar