Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 18 Maret 2013

Industri Meningkat Seiring Hadirnya Batam Techno Park

Jumat, 15 March 2013  (sumber : Haluan Kepri)
 
BATAM CENTRE (HK) -  Keberadaan industri di Kota Batam diperkirakan akan terus meningkat pesat, seiring dengan hadirnya Batam Techno Park yang selalu memberikan inovasi guna kebutuhan perusahaan. Peningkatan tersebut, diperkirakan akan terjadi pada 2015 yang secara terus-menerus memberikan efisiensi bagi perusahaan.

Kesubdit monitor dan evaluasi, industri dan perdagangan BP Batam, Tri Novianto Putra mengatakan, kualitas industri di Batam akan terus meningkat. Salah satu indikatornya adanya upaya atau dengan hadirnya  Batam Tecno Park.

"Batam Tecno Park merupakan hasil rekomendasi rod map BP Batam yang dibuat konsultan. BP Batam memiliki center off silent yang berguna meningkatkan kualitas industri. Dengan demikian, pada 2015 industri di Batam harus naik level atau naik kelas," ujar Tri yang dihubungi, Kamis (14/3).

Saat ini, lanjut Tri, para pengusaha manufacturing hanya mengandalkan murahnya operasional perusahaan. Namun belum ada inovasi teknologi dalam menurunkan cost lainya. Karena itu, memang perlu adanya Batam Techno Park yang memberikan hal terbaru.

Karena itu, untuk program awal pihaknya akan membidik kalangan  akademisi, bisnisman dan goverment. Dimana ketiga ini, mempunyai peran untuk mengembangkan industri ke depan. Kagiatan ini, memiliki resiko tinggi. Karena itu,  jika ada mahasiswa politeknik yang mempunyai ide, pemerintah dalam hal ini sebagai ingkubator harus siap membantu.

"Inkubator ini fungsinya untuk mendorong perusahaan lebih cepat. Tahun lalu kita sudah memberikan pelatihan di bidang animasi kepada 60 orang. 40 dari Poltek dan 20 dari SMK. Mereka, akan terus kita dampingi dan tahun ini baru akan kita buat blue printnya dan akan lebih fokus dalam program Batam Tecno Park,"katanya.

Selain itu,  BP Batam nantinya juga akan berusaha untuk memberikan sertifikat kepada para pekerja yang dianggap memiliki kemampuan.  Menristek, sangat mensupport kegiatan seperti ini.  Kata Tri, di Batam ada beberapa sektor yang dikembangkan. Terutama sektor manufakturing, elektronika, supporting oil and gas, perkapalan dan bidang animasi. (mnb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar