Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 20 November 2015

BP Batam Lakukan Pengukuran 23 Rumah Warga Kampung Tua Tanjunguma

Jum'at, 20 November 2015 (Sumber: Tribun Batam)

BP Batam Lakukan Pengukuran 23 Rumah Warga Kampung Tua Tanjunguma
Tribunnewsbatam.com/Argianto DA Nugroho
Petugas dari BPM Batam (bertopi merah) didampingi perwakilan masyarakat Tanjung Uma saat mengukur luas kampung tua di Tanjung Uma, Batam, Senin (28/10/2013). 
 
BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- BP Batam didampingi tim dari Mabes TNI Angkatan Darat telah melakukan pengukuran terhadap 23 rumah di wilayah Kampung Tua Tanjunguma, Batam.
Dalam waktu dekat, pemilik rumah-rumah tersebut segera menerima sertifikasi dari BP Batam.

Raja Mizan selaku Ketua Tim Penyelaras rumah kampung tua kepada wartawan di Batam Center, Kamis (19/11/2015) malam mengatakan, tim penyelaras merupakan tim kerja yang disusun untuk melakukan menyelesaikan permasalahan kampung tua Tanjunguma.

"Tim Penyelaras ini kita bentuk untuk membuka lembaran baru masalah lahan kampung tua yang hingga kini tidak ada selesainya. Sebanyak 23 rumah telah kita ukur," ungkap Mizan dalam konferensi persnya.

Menurutnya, proses yang dilakukan sesuai prosedur kepengurusan lahan yang telah ditentukan oleh BP Batam.

Pihaknya juga tidak akan memaksa warga Tanjunguma untuk melakukan proses tersebut.

"Selama ini permasalahan di kampung tua tidak ada selesainya. Karena masing-masing memiliki kemauan sendiri-sendiri. Kita di Tim Penyelaras tidak akan memaksa‎ warga untuk ikut mengurus lahan rumahnya. Tapi jika ingin, kita akan bantu bersama," ungkap Mizan lagi.

Pengukuran lahan ini hanya memakan biaya 18 ribu permeter persegi. Jauh lebih murah dari sebelumnya yang dipatok BP Batam sebesar 80 ribu meter persegi.‎ Saat ini, telah ada 44 rumah yang mengajukan proses pengukuran tersebut.

Dengan rincian, 23 rumah sudah selesai pengukuran dan sisanya masih dalam proses. "Tak hanya di kampung tua Tanjunguma. Di beberapa kampung seperti Bengkong Sadai‎, Batu Besar Nongsa, dan Tanjungriau Kecamatan Sekupang juga akan ada pengukuran serupa,"ungkapnya.

Seorang warga Tanjunguma, Raja Sapit, menuturkan bahwa proses pemutihan lahan ini sangat bermanfaat‎ baginya. Selain memiliki nilai jual ekonomi, status lahan pun menjadi alasanya.‎

 "‎Nilai ekonomi tentunya. Selain itu kita juga tenang dengan status lahan yang jelas," ujar Raja Sapit.  (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar