Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 18 Januari 2013

Pelabuhan Batam Sumbang APBN Rp 120 Miliar

Jumat, 18 Januari 2013 (Sumber : Tribun Batam)
 
Industri pelabuhan dan kepelabuhanan di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam menyumbang Rp120 miliar untuk APBN 2012.  Angka itu akan meningkat di tahun 2013 menyusul kebijakan negara Singapura yang membatasi industri pelayaran sehingga peluang Batam untuk mengambil alihnya.

"Pendapatan pelabuhan Batam yang disetor ke Pendapatan Negara Bukan Pajak Rp120 miliar pada 2012," kata Kepala Kantor Pelabuhan Batam Hari Setyobudi di Batam, Kamis (17/1).

Ia mengatakan pendapatan itu yang dihasilkan Badan Pengusahaan KPBPB Batam, belum ditambah pendapatan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dari sektor navigasi, sertifikasi dan lainnya. "Kalau di Ditjen saja, bisa Rp 8 hingga Rp10 miliar," kata dia.

Pendapatan negara dari bisnis pelabuhan di Batam setiap tahunnya terus meningkat seiring tren pertumbuhan bisnis maritim. Industri pelabuhan dan kepelabuhanan di Batam,  masih akan terus berkembang, mengingat lokasi kota yang strategis.

Kepala Bidang Komersial Pelabuhan Batam, Herry Kaprianto  mengatakan semakin banyak kapal yang singgah di Batam, maka semakin tinggi pendapatan negara dari kawasan pelabuhan bebas itu. Apalagi, Singapura sudah membatasi industri pelayaran, sehingga diambil alih Batam.   "Singapura, sekarang 'ship to ship' tidak boleh lagi," kata dia.

Layanan alih kapal yang sebelumnya diberikan otoritas pelabuhan Singapura kini menjadi ladang bisnis baru di industri pelayaran Batam. Selain itu, makin padatnya kapal yang ke negeri jiran juga memberikan keuntungan bagi pelayaran Batam.  "Sebelum kapal dapat tempat di Singapura, di-'take over' Batam dulu. Karena kalau tidak tepat pada jamnya didenda," ujarnya.

BP Batam akan menambah panjang dermaga Pelabuhan Barang Batu Ampar untuk mengatasi antrean kapal kapal yang akan masuk ke pelabuhan.  Menurut Herry, perpanjangan pelabuhan akan selesai pada 2014 dan bisa digunakan 2015. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar