Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 05 April 2010

Awas Pakai Ponsel saat Hujan





Written by madi
Senin, 05 April 2010 (sumber Tribun Batam,versi asli)

Cuaca tak Menentu hingga Mei
Masih Aman bagi Penerbangan dan Kapal

BATAM, TRIBUN - Badan Meteorologi, Klimitologi, dan Geofisika (BMKG) Batam mengimbau masyarakat untuk mewaspada banjir dan petir saat hujan tiba. Soalnya, kondisi cuaca dari April hingga Mei diprediksi tidak menentu.

Meski demikian, Imam Prawoto selaku Kepala Seksi Observasi BMKG Bandara Hang Nadim, Batam, menilai secara umum kondisi cuaca terbilang aman untuk pelayaran dan penerbangan. Dia juga memprediksi cuaca hujan di beberapa wilayah dalam satu dua hari ke depan.

“Meski kondisi cuaca yang tak menentu, namun untuk jalur pelayaran dan penerbangan terbilang sangat aman,” kata Imam, Sabtu (3/4).

Namun frekuensi puting beliung dan petir, kata Iman, cukup tinggi. Penyebabnya adalah awan comulusnimbus yang bisa menimbulkan hujan turun deras dengan kecepatan rata-rata 160 milimeter hingga 300 milimeter dalam sebulannya.

“Kawasan rawan puting beliung ini adalah sekitar Hang Nadim atau Batam bagian barat,” tambah Imam.
Untuk itu dia menyarankan agar warga tidak menggunakan telepon seluler (ponsel) saat hujan rintik di alam terbuka. Soalnya, sinyal telepon seluler diperkirakan bisa meningkatkan potensi tersambar petir.
“Hindari saat berteduh Anda menggunakn ponsel. Kondisi cuaca seperti sekarang ini bisa memicu petir yang sangat berbahaya,” tutup Imam.(isu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar