Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 18 Agustus 2011

DETIK-DETIK PROKLAMASI MOMENTUM PERKUAT RASA NASIONALISME


* Copyright:ANTARA
* Date:Aug 17 2011

Batam, 17/8 (ANTARA) - Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan berpendapat upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-66 dapat menjadi momentum meningkatkan rasa nasionalisme warga di daerah perbatasan dengan Singapura dan Malaysia.

"Momentum dapat menjadi saat yang tepat bagi seluruh warga Batam untuk menjaga dan mempertebal rasa nasionalisme warga perbatasan," kata Dahlan sesaat setelah memimpin upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Lapangan Engku Putri Batam kota, Rabu.

Menurut Dahlan, walaupun Batam jauh dari pemerintah pusat, namun Batam tetap menjadi bagian dari bangsa Indonesia yang harus dipertahankan sampai kapanpun.

"Jauh letak dari pemerintah pusat bukan alasan untuk tidak mejaga rasa nasionalisme. Justru karena Batam berada di perbatasan dan banyak warga asing yang datang maka rasa nasionalisme yang kuat harus bisa ditunjukkan," kata dia.

Ditanya mengenai banyaknya kantor pemerintahan, swasta dan perumahan warga bahkan sekretariat partai politik yang tidak mengibarkan bendera merah putih, Dahlan mengatakan pengibaran bendera bukan satu-satunya cara menunjukkan nasionalisme.

"Pengibaran bendera memang simbol rasa nasionalisme, tapi tidak cukup hanya mengibarkan bendera saja. Harus ada keyakinan yang kuat dalam diri bahwa kita merupakan bagian dari bangsa Indonesia," ucap dia.

Banyak instansi dan perumahan yang tidak mengibarkan bendera namun, kata Dahlan, ia telah mengintruksikan pemasangan bendera merah putih seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

"Saya sudah memberikan instruksi," kata dia.

Peringatan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-66 tingkat Kota Batam dilaksanakan di Lapangan Engku Putri Batam Centre tepat pukul 10.00 WIB, dan ada beberapa peserta yang sempat pingsan karena tengah berpuasa.

Upacara dimulai dengan pemutaran rekaman dentuman meriam sebanyak 17 kali berikut bunyi sirene, beduk masjid-masjid dan lonceng gereja selama sekitar satu menit.

Setelah suara tersebut berhenti, Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi membacakan Naskah Proklamasi, seperti apa yang di bacakan Presiden Soekarna 66 tahun lalu di hadapan ratusan peserta upacara yang terdiri dari anggota TNI, anggota Polri, Pelajar, BC, Kejaksaan, dan unsur pemerintahan lain.

Wali Kota Batam bertindak sebagai pemimpin upacara, sedangkan Kapten Zulkifli dari Subden Pom 133 Kota Batam bertindak sebagai komandan upacara.

Sementara itu di lapangan parkir Gedung Badan Pengusahaan (BP) Batam ratusan orang karyawan dengan sedikit kehadiran pejabat eselon II berlangsung upacara bendera yang dipimpin anggota Deputi IV Bidang Administrasi dan Program M Prijanto, mewakili Kepala BP Batam Mustofa Widjaja.

Mustofa dalam amanat tertulisnya mengajak segenap karyawan BP Batam tetap optimis, lebih kreatif, inovatif dan menjadikan peringatan Kemerdekaan Indonesia untuk meningkatkan pelayanan prima dan transparan bagi publik.

(T.pso-292/B/A013/A013) 17-08-2011 13:53:42

Tidak ada komentar:

Posting Komentar