Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 19 Agustus 2010

Citranusa Kabil Pelabuhan Kelas Dunia





Kamis, 19 Agustus 2010 09:49 (sumber Batam Pos,versi asli)

BATAM (BP) - Ketatnya persaingan antarpelabuhan internasional, mendorong PT Sarana Citranusa Kabil selaku pengelola Pelabuhan Kabil, terus berbenah. Setelah memangkas birokrasi dengan mendirikan gedung layanan satu atap, pelabuhan resmi FTZ itu kini meningkatkan layanan sandar kapal dengan menambah dermaga sepanjang 300 meter.

Penambahan dermaga tersebut membuat jenis kapal yang bisa bersandar di Pelabuhan Citranusa Kabil makin beragam. Selain kapal kargo berbagai ukuran, pelabuhan yang kedua sisinya bisa digunakan untuk bersandar ini mampu melayani kapal yang panjangnya mencapai 200 meter. Dengan kedalaman 12,5 meter pada surut terendah, satu-satunya pelabuhan umum di Indonesia yang pengusahaannya dikelola swasta itu bahkan bisa disandari kapal berbobot mati 40 ribu ton.

“Pelabuhan ini punya fasilitas dan layanan kelas dunia,” kata Direktur Utama PT Sarana Citranusa Kabil, Agus Hidajat didampingi Direktur Bisnis Development, Paul Harsadji kepada Batam Pos di Kabil, kemarin. Standar layanan kelas dunia itu tertuang dalam sertifikat koda internasional tentang keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan (International Ship and Port Facility Security/ISPS Code Sertificate) yang dikantongi Pelabuhan Citranusa Kabil. Bahkan, untuk jaminan keamanan, pelabuhan tersebut segera dilengkapi radar dan closed circuit television (CCTv).

”Mutu layanan inilah yang membuat kapal-kapal internasional, seperti dari Jepang, Belanda dan negara lainnya, memilih menyandarkan kapal mereka di sini,” ungkap Agus. Saat ini, Pelabuhan Citranusa Kabil sedang melayani jasa sandar sebuah service boat untuk aktivitas lepas pantai berbendera Bahama, Rockwater 2 milik Subsea 7. Menurut Matt Daniels, kapten kapal itu, mereka memilih bersandar di Kabil karena pelayanannya prima, terutama dalam hal ketepatan waktu.

”Waktu merupakan elemen penting dalam bisnis ini. Keterlambatan sehari saja bisa membuat kami mengalami kerugian besar,” kata Matt Daniels ditemui Batam Pos di atas kapal berteknologi tinggi sepanjang 118 meter itu, kemarin. Daniels mengaku tak ragu memilih Pelabuhan Citranusa Kabil sebagai tempat sandar Rockwater 2 karena mutu layanannya sudah diakui dunia. ”Sangat profesional,” tukasnya. (ros)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar